Dikhawatirkan Tenggelam, 26 Pengungsi Rohingya Ditemukan di Pulau Kecil Malaysia

Abadikini.com, KUALA LUMPUR – Pihak berwenang Malaysia menemukan 26 pengungsi Rohingya yang sebelumnya dikhawatirkan tenggelam dalam keadaan hidup. Para pengungsi Rohingya itu melompat dari sebuah kapal nelayan dan berusaha berenang ke daratan Langkawi.

Pada Senin (27/7/2020) mereka ditemukan bersembunyi di sebuah pulau kecil di wilayah Malaysia.

Baca Juga Intelijen Jerman Sebut ISIS Masuk Eropa Nyamar Sebagai Pengungsi

Menurut laporan VOA, pencarian dimulai ketika salah seorang pengungsi ditemukan di pulau kecil dekat Langkawi pada Sabtu (25/7/2020). Dia mengatakan kepada Dinas Penjaga Maritim Malaysia bahwa sedikitnya 24 lainnya hilang.

Pejabat senior Zawawi Abdullah mengatakan 12 laki-laki, 10 perempuan, dan empat anak ditemukan setelah pencarian pihak berwenang.

Baca Juga 27 Jenazah Imigran Asal Suriah Ditemukan Di Perairan Turki

Pihak berwenang mengatakan mereka meyakini para nelayan lokal mengambil para pengungsi itu dari laut dan menyembunyikannya di sekitar Langkawi dengan harapan mereka bisa memasuki daratan tanpa terdeteksi.

Para warga Rohingya itu telah ditahan untuk penyelidikan lebih lanjut dan akan diserahkan kepada departemen imigrasi, menurut Zawawi. Pihak berwenang juga mengatakan dua migran lain ditangkap karena diduga melakukan penyelundupan manusia.

Sumber Berita
Okezone

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker