Jokowi Dituding Bangun Politik Dinasti, PBB: Itu Sah Saja 

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Sukmo Harsono getol membela Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dituding sedang membangun politikdinasti.

Diketahui, anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka direkomendasikan PDIP sebagai calon Wali Kota Solo padaPilkada serentak 2020. Banyak yang mengkritik Jokowi karena secara kasat mata memangmemberikan jalan bagi karir politik Gibran ketika menjabat.

Namun bagi Sukmo pencalonan Gibran adalah sesuai yang biasa saja.

“PolitikDinasti itu sah. Siapa yang menyoal politik dinasti sebagai sesuatu yangmelanggar demokrasi adalah pernyataan yang pendek akal,” kata Sukmo seperti dilansir SINDOnews, Sabtu (25/7/2020).

Menurut Sukmo, di Amerika yang negara kampiun demokrasi saja tak pernah rakyatnyamempersoalkan dinasti politik. Sebut saja klan politik mantan Presiden JhonF. Kenedy, dan juga dengan trah keluarga Bush.

“Di Indonesia ada regenerasi di garis keturunan Bung Karno, Pak Harto, GusDur, SBY, Amien Rais. Jadi kalo Pak Jokowi juga menurunkan Mas Gibran, maka ituadalah hal yang wajar dan sah sekali,” ujarnya. Lebihlanjut Sukmo mengatakan, politik dinasti juga terjadi di negara lain. Inidiibaratkan, di posisi lain, misal apa yang salah kalau anak Rektor jadi Dosen,apa yang salah jika anak Jendral jadi Jendral juga, dan apa yang keliru anakpetani juga jadi petani yang sukses.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker