Hari Koperasi, Bupati Ilham Azikin: Saatnya Ikuti Perkembangan Zaman

Abadikini.com, BANTAENG – Sebagai rangkaian Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-73 Tahun 2020 dan Hari UMKM ke-5 Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Bantaeng, memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi dan tokoh koperasi sebagai wujud apresiasi. Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Bantaeng Ilham Azikin, di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Rabu (22/7) Pagi.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan, Meyriani Madjid dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini guna memperkuat komitmen insan koperasi akan pentingnya sebuah koperasi untuk memutus mata rantai kesenjangan di kalangan masyarakat, mendorong koperasi untuk meningkatkan partisipasinya baik pengurus, maupun anggota sehingga dapat semakin maju secara berkualitas, serta membangun silaturrahim dan mempererat persaudaraan sesama insan koperasi.

“Sasaran yang ingin dicapai yakni meningkatnya efektifitas kinerja seluruh Koperasi yang ada di Kabupaten Bantaeng”, katanya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin yang pada kesempatan tersebut membacakan sambutan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki, mengatakan bahwa di tengah pandemi Covid-19, dunia usaha terutama Koperasi dan UMKM mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran dan pembiayaan.

Tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian nasional tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial-ekonomi yang sangat dinamis.

“Kita berharap agar Koperasi di Indonesia mampu menjawab tantangan jaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya. Mari kita kobarkan semangat dengan menjadikan koperasi sebagai kekuatan ekonomi rakyat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional”, ujar Bupati.

Terhitung ada lima Koperasi berprestasi yang mendapatkan penghargaan, antara lain juara I diberikan kepada KPN Beringin, juara II diraih oleh KPN Wajar, juara III KPN Sikatutui, juara Harapan I KPN Pengayoman Pengadilan, dan juara Harapan II diberikan kepada KSU Sipaseinga.

Sementara itu, penghargaan Tokoh Koperasi Tingkat Kabupaten Bantaeng diberikan kepada Abdul Wahab, dan Hj. Salmah. Penetapan Tokoh Koperasi dilaksanakan dengan melalui penilaian terhadap beberapa nama tokoh koperasi yang diusulkan, dengan pertimbangan lama pengabdian, peran aktif dalam pengembangan koperasi, partisipasi aktif dalam upaya peninjauan langsung koperasi, membuat masyarakat aktif berkoperasi, serta aktif bekerjasama dengan instansi terkait.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Bantaeng, H. Sahabuddin, Sekretaris Daerah Bantaeng, Abdul Wahab, 15 Gerakan Koperasi, serta 10 SKPD terkait.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker