Hari Ini PSBB Transisi Berakhir di DKI Jakarta, Kasus Harian Positif Covid-19 Masih Tertinggi di Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – DKI Jakarta kembali mencatatkan penambahan kasus positif virus corona (Covid-19) tertinggi di Indonesia pada hari ini, Kamis (16/7). Hari ini diketahui adalah hari terakhir penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi dan dilaporkan pasien positif baru mencapai 312 kasus.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 per hari ini di seluruh Indonesia terjadi penambahan 1.574 kasus positif. Sehingga, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 81.668 kasus.

“Dari jumlah kasus baru yang didapatkan, konfirmasi kasus positif, distribusinya sebagai berikut, DKI melaporkan 312 kasus baru, 134 sembuh,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di BNPB, Kamis (16/7/2020).

Dikatakan Yurianto, dengan penambahan tersebut, secara akumulasi, jumlah kasus positif Covid-19 di wilayah Ibu Kota, berdasarkan data Gugus Tugas mencapai 15.636 kasus positif.

Sebelumnya, dalam beberapa waktu terakhir, Jawa Timur menjadi wilayah yang kerap mencatatkan penambahan kasus harian terbanyak. Penambahan kasus harian Jakarta sebelumnya sempat di bawah Jatim.

Namun, dalam sepekan terakhir, penambahan kasus di DKI Jakarta kembali naik signifikan. Bahkan, sempat mencapai rekor harian tertinggi dengan penambahan 402 kasus pada hari Minggu (12/7) lalu.

Seperti diketahui, Jakarta sejak 5 Juni 2020 telah menerapkan kebijakan PSBB transisi. Kebijakan ini sedianya berakhir pada 2 Juli 2020.

Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang PSBB transisi selama 14 hari. PSBB transisi perpanjangan ini dilaksanakan pada 3 Juli dan bakal berakhir pada hari ini, Kamis (16/7).

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close