Bupati Simeulue Larang Warganya Ekspor Benih Lobster

Abadikini.com, SIMEULUE – Bupati Simeulue Erli Hasim melarang warganya untuk melakukan menangkap dan mengekspor benih Lobster ke luar daerah Simeulue.

Hal ini disampaikan kader Partai Bulan Bintang itu saat memimpin rapat pembahasan penangkapan benih lobster dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Simeulue, di Aula Setdakab Simeulue, Senin, 06 Juli 2020.

Hal mendasar yang menjadi alasan Pemeritah Kabupaten Simeulue menolak penangkapan dan ekspor tehadap benih lobster bertujuan untuk menjaga kelestarian biota laut jenis lobster.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Simeulue Isdawati mengaakan saat ini populasi lobster di perairan Kabupaten Simeulue semakin menurun.

Lanjut Erli, sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 tahun 2020, ada hal yang perlu diterjemahkan dalam peraturan ini.

Eli menegaskan bahwa dengan pemberlakuan peraturan ini maka akan ada sebuah terobosan yang dapat membantu, menopang ekonomi masyarakat nelayan terkait dengan penangkapan benih bening lobster.

“Para nelayan diberi kesempatan untuk menangkap benih lobster dan kemudian akan dijual kembali kepada para pengusaha ini dampak positifnya,” ujar Bupati Simeulue, Erli Hasyim yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Partai Bulan Bintan Aceh.

Namun dampak negatifnya penangkapan benih lobster ini akan membuat kita kehilangan arah, hal ini akan membuat populasi lobster di perairan kita akan semakin berkurang.

“Kita tidak boleh menjadikan lobster ini sebagai sumber keuntungan sesaat, kita harus menjadikan lobster ini sebagai komoditi unggulan yang berkepanjangan, mengingat Kabupaten kita dikenal sebagai salah satu penghasil lobster terbesar”, ujar kader Partai Bulan Bintang Aceh itu.

Terkait dengan peraturan menteri tentang penangkapan benih lobster, Bupati Erli Hasim mengajak Dinas terkait untuk melakukan penundaan dengan melaksanakan koordinasi dengan kementerian terkait.

“Sehingga nelayan kita dapat penghasilan dari penangkapan lobster namun di sisi lain tidak terjadi kepunahan terhadap komoditas lobster kita,” ungkapnya.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close