Lion Air Bantah PHK Karyawan, Tapi Akui Pengurangan 2.600 orang Karena Masa Kontrak Kerja Berakhir

Abadikini.com, JAKARTA – Beredar narasi di sosial media bahwa Lion Air Group melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 3.000 karyawan.

Hal itu dibantah pihak Lion Air Group, melalui Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menegaskan bahwa Lion Air Group tidak melakukan PHK namun melakukan pengurangan tenaga kerja berdasarkan masa kontrak kerja berakhir dan tidak diperpanjang, yaitu kurang lebih 2.600 orang dari total karyawan sekitar 29.000 orang.

“Bukan pemutusan hubungan kerja (PHK), tapi pengurangan tenaga kerja berdasarkan masa kontrak kerja berakhir dan tidak diperpanjang yaitu kurang lebih 2.600 orang dari total karyawan kurang lebih 29.000,” kata Danang kepada wartawan, Senin (6/7/2020).

Menurut Danang, keputusan berat tersebut diambil dengan tujuan utama sebagai strategi sejalan mempertahankan kelangsungan bisnis.

Pasalnya terang dia, tidak diperpanjang masa kerja karyawan yang telah berakhir dengan tujuan untuk, perusahaan tetap terjaga, merampingkan operasi perusahaan, mengurangi pengeluaran, dan merestrukturisasi organisasi di tengah kondisi operasional penerbangan yang belum kembali normal sebagai dampak pandemi Covid-19.

“Lion Air Group sedang berada di masa sulit dan menantang akibat Covid-19 yang memberikan dampak luar biasa dan penuh ketidakpastian,” ujarnya.

Kini terang dia, Lion Air Group melakukan pembicaraan bersama mitra-mitra usaha serta melakukan pemotongan penghasilan seluruh manajemen dan karyawan dengan nilai persentase bervariasi, semakin besar penghasilan semakin besar nilai nominal potongannya.

Dia menuturkan, Kebijakan-kebijakan tersebut telah mulai dilaksanakan dan diterapkan tahun ini pada Maret, April, Mei, Juni 2020 sampai waktu yang belum ditentukan (pemberitahuan lebih lanjut).

“Lion Air Group berencana, apabila di waktu mendatang kondisi perusahaan kembali pulih dan lebih baik secara bisnis, operasional serta pendapatan, maka karyawan dimaksud (yang tidak diperpanjang kontrak kerja) akan diprioritaskan untuk memiliki kesempatan kembali bekerja di Lion Air Group,” ungkapnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker