Inggris Akan Melarang Pembangunan 5G Huawei

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah Inggris dikabarkan akan melarang pembangunan jaringan 5G perusahaan telekomunikasi asal China, Huawei, dengan alasan keamanan nasioanl.

Reuters melansir laporan Daily Telegraph, Perdana Menteri Boris Johnson meminta agar keterlibatan China dalam pembangunan infrastruktur di Inggris dikurangi hingga menjadi nol pada 2023.

Pemerintah Inggris dikabarkan mengurangi keterlibatan perusahaan China agar bisa mendorong perdagangan dengan Amerika Serikat karena negara tersebut keluar dari Uni Eropa.

Downing Street dan Huawei tidak memberikan keterangan atas kabar tersebut.

The Times juga memberitakan Johnson sudah meminta para pegawai negeri untuk mengurangi pasokan dari China untuk alat medis vital dan barang impor strategis lainnya.

Sebelumnya Inggris tampaknya tak peduli atas ajakan Amerika Serikat (AS) untuk. Embargo teknologi Huawei. Pasalnya, para pejabat Inggris tetap mengusulkan pemberian peran terbatas terhadap Huawei soal proyek 5G masa depan.

AS sejak lama meragukan keamanan perangkat buatan Huawei dan memperingatkan negara sekutu mereka untuk berhati-hati menggunakan produk Huawei.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker