Siap Perang Hadapi Militer China, India Beli 33 Unit Pesawat Tempur Baru Milik Rusia

Abadikini.com, NEW DELHI – India tak gentar siap perang hadapi militer China di perbatsan Ladakh, Lembah Galwan India beli 33 33 Unit pesawat tempur baru dari Rusia.

Mengutip dari Times of India, Jum’at (3/7/2020). Tak tanggung-tanggung Kementerian Pertahanan India pada hari Kamis (2/7) telah merilis rencana pembelian 33 unit pesawat tempur dari Rusia untuk menghadapi pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) di tengah ketegangan antara kedua negara itu.

dari 33 unit jet tempur yang bakal dibeli India dari Rusia tersebut terdiri dari 21 pesawat MiG-29 dan 12 unit Sukhoi-30.

“Pembelian 21 pesawat MiG-29 dan 12 Sukhoi-30 akan menelan biaya 181.48 miliar rupe (USD 2.43 miliar),” kata Kementerian Pertahanan India.

tak hanya itu, Kementerian Pertahanan India juga berencana melakukan modernisasi 59 unit MiG-29 miliknya untuk meningkatkan kemampuan skuadron pesawat tempur mereka.

Diketahui, konflik perbatasan antara India dan China terus meningkat di sepanjang Line of Actual Control (LAC) Ladakh, Lembah Galwan. Bentrokan fisik antara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dan India pada pertengahan bulan Juni lalu yang telah menewaskan 20 tentara India telah meruncing konflik dua negara yang berbatasan dengan Himalaya itu.

China saat ini telah mengerahkan sebagian besar pasukan militernya ke arah perbatasan Ladakh. Hal serupa juga dilakukan oleh India.

Bahkan, pagi tadi Perdana Menteri India Narendra Modi mendatangi Ladakh untuk bertemu langsung dengan ribuan pasukan Angkatan Bersenjata India yang berada di perbatasan.

Dia memastikan kesiapan pasukan militer Angkatan Bersenjata India dalam menghadapi kekuatan militer China di perbatasan Ladakh.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close