Puncak Hujan Meteor Bootid Terjadi Hari ini, dari Senja Hingga Dini hari

Abadikini.com, JAKARTA – Puncak Hujan Meteor Bootid akan terjadi hari ini, Sabtu (27/6/2020) di Indonesia. Namun, pengamat sebenarnya sudah bisa menikmati hujan meteor ini sejak 22 Juni hingga 2 Juli mendatang.

Namun, pada periode puncak, pengamat bisa melihat lebih banyak meteor yang jatuh per menit. Dari Jakarta, hujan meteor akan aktif setiap hari dari senja hingga sekitar 02:04 WIB.

Dilansir dari In The Sky, hujan meteor akan menampilkan hujan meteor terbaik pada sekitar pukul 20.00 WIB. Saat itu, titik radiant berada di titik paling tinggi di langit. Hujan meteor Bootid pada bulan Juni ini bisa di lihat ke arah rasi Bootes.

Hujan meteor Bootid dikenal sebagai hujan meteor yang lambat dan terang. Kecepatan meteor ini sekitar 64 ribu kilometer perjam. Sepertiga lebih lambat dari hujan meteor tahunan lainnya.

Bumi saat ini membuat pengamat di Indonesia, atau Jakarta khususnya menghadap ke arah optimal menuju ke arah meteor yang masuk.

Di lain waktu, akan ada lebih sedikit meteor yang terbakar di Jakarta, dan mereka akan cenderung memasuki atmosfer pada sudut miring, sehingga menghasilkan meteor yang mungkin melintasi langit sebelum benar-benar terbakar.

Topik Berita
Back to top button
Close