Cegah Pemalsuan Sertifikat Pelaut, Ditjen Hubla Perkuat Teknologi Informasi

Abadikini.com, JAKARTA – Maraknya sindikat pemalsuan sertifikat ketrampilan pelaut mendorong Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan untuk memperkuat sisten Teknologi Informasi di lingkungan Ditjen Hubla.

Ditjen Hubla telah menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan penataan sistem secara menyeluruh untuk memperkuat pengamanan sistem teknologi informasi dan layanan online, sejak 2019.

“Perkuatan sistem dan teknologi informasi tersebut sudah dilakukan di mana pada 2019, Ditjen Perhubungan Laut menggandeng BSSN untuk melindungi serta memperkuat keamanan siber secara efektif dan efisien juga proteksi terhadap data penting di semua layanan online maupun aplikasi milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut,” ujar DitjenPerhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo.

Sebelumnya, tim gabungan Polda Metro Jaya bersama Satgas dari Kementerian Perhubungan berhasil mengungkap sindikat pemalsuan sertifikat keterampilan pelaut dengan meretas registrasi sertifikat keterampilan pelaut secara online.

“Selama ini secara berkala terus dilakukan updating dan diproteksi maksimal terhadap layanan online kepelautan namun selalu ada celah yang bisa ditembus oleh peretas. Ini akan kami perbaiki dan diperkuat,” kata Agus.

Agus juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim gabungan Polda Metro Jaya bersama Satgas dari Kementerian Perhubungan yang berhasil mengungkap kasus pemalsuan sertifikat pelaut yang telah meresahkan masyarakat.

Baca Juga

Back to top button