Waduh, Biaya Perawatan Pasien Covid-19 Bisa Capai Rp25 Juta per Hari

Abadikini.com – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengungkapkan biaya yang harus dikeluarkan pemerintah untuk pasien yang dirawat di Rumah Sakit per harinya mencapai Rp25 juta.

“Rata-rata biaya pasien covid di RS berkisar Rp10-25 juta per hari, bergatung pada jenis ruang perawatannya apakah di ICU atau di ruang isolasi perawatan biasa,” ujar Ati kepada wartawan. Kamis (25/6/2020)

Dijelaskan Ati, biaya perawatan seluruh pasien seluruhnya ditanggung oleh Kementerian Kesehatan RI. “Pasien covid yang dirawat di RS di seluruh indonesia dibiayai oleh Kemenkes,” jelasnya.

Ati menambahkan, lamanya perawatan pasien positif Covid-19 di rumah sakit 14 hari sampai 30 hari tergantung kepada klinis dan penyakit penyerta pasien. Khusus untuk di RSUD Banten yang menjadi pusat rujukan Covid-19 di Provinsi Banten saat ini masih merawat 70 pasien.

Untuk biaya penangan pasien Covid-19 meninggal dunia di rumah sakit, pemerintah juga yang akan membiayai dari mulai pemulasaraan, peti jenazah sampai di antar ke tempat penguburan.

“Berkisar Rp 3 sampai 4 Juta. Ya (dibebankan ke kemenkes). RS dapat mengklaim ke kemenkes,” ujarnya

Sampai saat ini, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid19 di Provinsi Banten sebanyak 1,243 dengan jumlah pasien yang masih dirawat 336 orang, sembuh 824 dan meninggal dunia 84 orang.

Sumber Berita
Okezone
Topik Berita
Back to top button
Close