IMF Beri Peringatan ke Dunia: Resesi Ekonomi Lebih Besar Imbas Corona

Abadikini.com, WASHINGTON – Pandemi virus corona menyebabkan kegiatan ekonomi turun lebih dalam dari perkiraan. Dana Moneter Internasional pun memangkas perkiraan lanjutan terhadap perekonomian global 2020

IMF memperkirakan output global 2020 menurun hingga 4,9% atau lebih dalam dibandingkan prediksi April 2020 dengan kontraksi 3,0%. Pemulihan ekonomi pada 2021 juga akan lebih lemah, dengan perkiraan tumbuh sebesar 5,4% atau menurun dibandingkan prediksi di bulan April 5,8%

Meskipun sudah banyak kegiatan ekonomi yang kembali dibuka, karakteristik untuk tetap jaga jarak sosial berkonspirasi menekan investasi dan konsumsi.

“Mengingat ketidakpastian yang luar biasa ini, para pembuat kebijakan harus tetap waspada,” Kepala Ekonom IMF Gita Gopinath, dilansir dari Reuters, Kamis (25/6/2020).

IMF memandang resesi saat ini yang terburuk sejak depresi hebat pada 1930-an, di mana PDB global saat itu menyusut hingga 10%.

Kendati demikian, Gopinath menilai upaya bahwa dukungan fiskal USD10 triliun dan pelonggaran besar-besaran oleh bank sentral dari berbagai negara telah mencegah kebangkrutan dalam skala besar. Guna menjaga semua itu pun dibutuhkan lagi lebih banyak stimulus.

Sementara itu, ekonomi pada negara maju telah sangat terpukul, dengan output AS sekarang diperkirakan akan menyusut 8,0% dan zona euro 10,2% pada 2020.

.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker