Tata Cara Sholat Istikharah Serta Niat, Bacaan Doa dan Waktu Yang Tepat

Abadikini.com – Shalat istikharah merupakan sunnah yang dianjurkan, bertujuan memohon petunjuk dari Allah menghadapi pihan yang berat. Tata cara sholat istikharah tidak berbeda jauh dengan salat pada umumnya, hanya saja memiliki bacaan niat dan surat pendek yang diutamakan.

Sangat penting untuk melakukan doa ini dengan tulus, mengetahui di dalam hati kita bahwa hanya Allah yang bisa memberi kita petunjuk yang kita cari, dan memutuskan untuk mengikuti petunjuk yang Dia berikan kepada kita. Bahkan jika itu bertentangan dengan keinginan kita sendiri.

Kita juga harus mengucapkan doa dengan keyakinan teguh, tidak memohon, tetapi meminta Allah dengan jelas untuk bimbingan.

Berikut cara sholat istikharah yang dirangkum dari berbagai sumber:

Niat salat istikharah

Cara niat sholat istikharah yang benar yaitu dimulai dari niatnya. Seperti salat pada umumnya, salat istikharah diawali dengan membaca niat yang dapat diucapkan dalam hati.

Berikut niat salat istikharah:

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala

Tata cara salat istikharah

Dikutip dari Dream, Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq menjelaskan, sholat istikharah boleh berupa sholat sunnah apa saja. Baik sholat sunnah rawatib, sholat sunnah tahiyatul masjid, maupun sholat sunnah lainnya.

Menurut Syaikh Wahbah disunnahkan membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama. Setelah itu membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua. Berikut cara sholat istikharah:

1. Niat

2. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah

3. Membaca surat Al Fatihah

4. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Kafirun

5. Ruku’ dengan tuma’ninah

6. I’tidal dengan tuma’ninah

7. Sujud dengan tuma’ninah

8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

9. Sujud kedua dengan tuma’ninah

10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua

11. Membaca surat Al Fatihah

12. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Ikhlas

13. Ruku’ dengan tuma’ninah

14. I’tidal dengan tuma’ninah

15. Sujud dengan tuma’ninah

16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

17. Sujud kedua dengan tuma’ninah

18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah

19. Salam

Bacaan Doa Setelah Sholat Istikharah

Tata cara salat istikarah dan bacaannya tentu yang paling istimewa ada pada doanya ini. Setelah salam, dianjurkan untuk membaca doa setelah salat istikarah. Berikut doanya:

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.

Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Mahatahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebutkan persoalannya) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya.

Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya.”

Begitulah tata cara sholat istikhoroh dan bacaannya yang perlu kamu pahami. Setelah sholat istikhoroh, biasanya akan timbul rasa tenang dan mantap di hati untuk menentukan pilihan yang ada.

Petunjuk yang didapat dari istikhoroh dapat berupa mimpi, dengan isyarat dan simbol-simbol tertentu. Istikhoroh dapat dilakukan dua atau tiga kali jika dirasa hati masih ada keraguan.

Waktu yang Tepat Menunaikan Sholat Isthikoroh

Sepertiga Malam Pertama

Ketika hendak melakukan salat Istikharah, kalian bisa melakukannya pada sepertiga malam pertama yaitu ketika masuk waktu Isya hingga pukul 22.00 malam.

Sepertiga Malam Kedua

Waktu terbaik selanjutnya ialah sepertiga malam kedua yang dimulai dari pukul 22.00 malam hingga 01.00 dini hari. Di waktu ini suasana malam biasanya lebih tenang, sehingga ketika mengerjakan salat istikharah akan lebih khusyu dan konsentrasi.

Sepertiga Malam Ketiga

Waktu sepertiga malam ketiga dimulai pukul 01.00 dini hari dan berakhir sebelum masuk waktu salat subuh. Tak hanya Istikharah, waktu terbaik mengerjakan salah sunnah malam lainnya juga di waktu ini.

Sumber Berita
Merdeka
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker