Lima Ruas Jalan di Jakarta Timur Dipersiapkan Jadi Kawasan HBKB

Abadikini.com, JAKARTA – Sebanyak lima ruas jalan di wilayah Jakarta TImur sedang dipersiapkan menjadi kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) serta olahraga yang digelar sekali dalam sepekan setiap Minggu.

“Saat ini sedang dirapatkan berdasarkan hasil evaluasi kesiapan lokasi,” kata Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi Suku Dinas Perhubungan Jakarta TImur Riky Erwinda di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Lokasi yang sedang dipersiapkan sebagai kawasan HBKB adalah Jalan Pemuda, Kecamatan Rawamangun yang berada di perbatasan Jakarta Pusat.

Ruas jalan pemuda telah dilengkapi dengan jalur khusus sepeda yang menghubungkan fasilitas berolahraga Velodrome.

Sementara untuk kawasan olahraga akan memanfaatkan Jalan RA Fadilah, Jalan Inspeksi BKT, Jalan Raden Inten dan Jalan Bina Marga.

Untuk kawasan olahraga rencananya akan digelar secara perdana pada Minggu (28/6/2020) pukul 06.00 hingga 10.00 WIB dan tidak diperbolehkan ada pedagang.

Wakil Wali Kota Jakarta TImur Uus Kuswanto mengatakan kelima jalan tersebut diusulkan oleh Suku Dinas Perhubungan Jakarta TImur sebagai alternatif kegiatan serupa di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

“Sifatnya usulan dari Sudinhub Jaktim, mereka sedang melakukan kajian lapangan,” ujarnya.

Menurut Uus Pemprov DKI Jakarta saat ini sedang intensif menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi untuk mencegah penularan COVID-19.

“Termasuk mencegah kerumunan massa dalam satu lokasi, sebab rawan penularan,” katanya.

Kegiatan HBKB yang semula terpusat di Jalan Sudirman-Thamrin dipecah menjadi 29 kawasan se-Jakarta, termasuk lima jalan di antaranya berada di Jakarta Timur.

 

Topik Berita
Back to top button
Close