Inilah Sifat – Sifat Nabi Muhammad SAW yang Patut Dicontoh Oleh Para Pengusaha

Seorang muslim yang menjadi pengusaha harus mencontoh Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan praktik bisnis yang dilakukannya. Paling tidak, ada 4 sifat Rasulullah SAW yang harus dicontoh oleh para pengusaha ini.

Seperti dilansir dari buku Jejak Bisnis Rasul hasil terjemahan Muhammad Sulaiman PhD, Aizuddinur Zakaria, penerbit Hikmah, berikut 4 sifat Rasulullah tersebut:

1. Shidiq (Jujur)

Jujur kepada diri sendiri juga kepada orang lain. Sifat jujur akan melahirkan sifat keyakinan dan keberanian untuk menghadapi ujian, apapun bentuknya.

2. Amanah

Sifat amanah mendorong seseorang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, masyarakat dan lingkungannya. Keberadaan sifat ini akan membangun kekuyatan diri dan memperbaiki kualitas hubungan sosial.

3. Tablig (Komunikatif)

Seorang pebisnis harus menjadi marketing yang hebat, juga harus menjadi seorang pembicara yang unggul.

4. Fathonah (Cerdik)

Seorang pebisnis harus memiliki kemampuan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Lalu muncul kreativitas, ide dan wawasan. Pada akhirnya, produk atau jasa yang dikeluarkan pun akan menjadi produk unggulan dan sempuna. Karena produk yang dihasilkan unggulan, pelanggan pun senang dan menaruh kepercayaan (trust).

Sumber Berita
Okezone

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker