Huawei Bangun Ekosistem Al di Asia Pasifik

Abadikini.com, JAKARTA – Raksasa teknologi China, Huawei meluncurkan Ascend Partner Program Asia Pasifik (APAC Ascend Partner Program) pada pertemuan puncak online bertema Ascend to Pervasive Intelligence.

Hal itu bertujuan untuk membangun ekosistem kecerdasan buatan (AI) yang berkelanjutan guna mendukung terwujudnya digitalisasi dan transformasi cerdas di kawasan Asia Pasifik.

“Ketika berbicara kolaborasi berbasis ekosistem AI, Huawei selalu fokus pada infrastruktur. Kami bekerja dengan komunitas akademik dan industri untuk mendorong pengembangan AI secara lebih luas lagi guna mendukung kemajuan teknologi dan industri secara keseluruhan,” ujar Daniel Zhou Presiden Huawei Cloud & AI Business Group kawasan Asia Pasifik.

APAC Ascend Partner Program terdiri dari tiga sub-program, yaitu Independent Software Vendor AI Collaboration, Institute of Higher Learning (IHL) AI Talent Cultivation, dan Government AI Industry Development.

Huawei dan mitranya berkomitmen untuk mendukung negara di Asia Pasifik dalam mengembangkan teknologi AI, berbagi pengetahuan, menerapkan strategi untuk masuk ke pasar dan sumber daya strategis.

Huawei mengklaim bahwa Program Independent Software Vendor ((ISV) AI Collaboration menghadirkan beragam keunggulan dan manfaat yang dirancang secara khusus bagi ISV, inovator, serta sektor wirausaha, seperti pendanaan Non-Recurring Engineering (NREs), Cloud resource vouchers.

Selain itu, program-program tersebut juga menghadirkan pengalih pengetahuan melalui Ascend AI Community, Huawei HCIA-AI Certification exam-vouchers, serta mendukung untuk strategi Go-to-Market dan sebagainya.

Di bidang akademik, program Institute of Higher Learning (IHL) AI Talent Cultivation diharapkan dapat mendukung lembaga pendidikan tinggi untuk membangun disiplin keilmuan untuk AI.

Program Institute of Higher Learning (IHL) AI Talent Cultivation juga diharapkan dapat menjaring bibit unggul SDM di bidang AI, dan meningkatkan penelitian akademis di bidang AI berbasis dukungan teknologi Atlas AI Huawei full-stack.

Sementara itu, di sektor pemerintahan, program ini menyediakan dukungan teknis dalam meningkatkan fasilitas inovasi AI bagi negara-negara di Kawasan Asia Pasifik dalam mendayagunakan teknologi Ascend. Huawei juga akan berbagi pengalaman dalam hal praktik terbaik untuk industri.

Program ini juga membantu pemerintah dalam penerapan kebijakan Standar Industri AI. Huawei berharap bahwa pemanfaatan teknologi mutakhir, seperti AI dan 5G dapat menyentuh hingga ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Huawei juga berharap program yang dihadirkannya ini akan turut mendukung terwujudnya Digital Indonesia yang cerdas dan terkoneksi secara penuh. Hal ini disebut Huawei selaras dengan komitmen Huawei selama lebih dari 20 tahun hadir di Indonesia.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker