Pasukan TNI Hadang Israel Saat akan Serang Lebanon

Abadikini.com, JAKARTA – Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor Hasudungan Simatupang mengatakan bahwa prajuritnya yang dikirim untuk misi perdamaian di Lebanon berhasil menghadang tank Israel di daerah “Blue Line” yang merupakan wilayah netral.

“Pada 2 Juni 2020, pasukan kita yang di Lebanon, tentara Garuda kita yang di Lebanon di daerah ‘Blue Line’ sana menghadang pertikaian antara tentara Lebanon dan tentara Israel,” kata Mayjen Victor seperti dikutip Abadikini.com dari Antara, Jumat (19/6/2020).

Dalam rekaman video tersebut terlihat prajurit TNI di bawah bendera PBB menghadang Tank Merkava Israel yang menerobos pagar pembatas kedua negara di “Blue Line”, yakni batas netral kedua negara yang terletak di wilayah Adisa, bagian selatan Lebanon.

Victor mengatakan Indonesia menempatkan satu kompi TNI yang bertugas sebagai pasukan perdamaian di “Blue Line” Lebanon-Israel untuk menjaga perbatasan kedua negara.

“Itu namanya ‘Blue Line’. Jadi dulu ada perjanjian yang dibuat oleh PBB namanya ‘Blue Line’. Itu perbatasan antara negara Israel dan Lebanon. Pasukan kita satu kompi di sana disiapkan di sana untuk menjaga perbatasan itu. Jadi sehari-hari mereka ada di sana,” katanya.

Victor menambahkan kawasan “Blue Line” Lebanon-Israel memiliki panjang sekitar 400 kilometer yang dijaga pasukan perdamaian PBB dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

“Jadi, itu dibagi-bagi. Ada yang dari Spanyol, negara lain juga, untuk mengamankan ‘Blue Line’ itu,” pungkasnya.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close