Turki Klaim Hantam 150 Target Pemberontak Kurdi di Irak Utara

Abadikini.com, ANKARA – Angkatan Bersenjata Turki menghancurkan target PKK di wilayah Haftanin, Irak utara dalam Operasi Cakar Harimau, Rabu (17/6/2020) waktu setempat.

Menurut sumber keamanan pemerintahan Turki, seperti dilansir Anadolu Agency, pasukan bersenjata Turki mengklaim telah menghantam lebih dari 150 target kelompok teror PKK di wilayah itu dengan howitzer dan beberapa peluncur roket.

Setelah serangan udara, pasukan komando Turki juga melakukan operasi infiltrasi melalui darat dan udara ke sasaran teroris.

“Anda selalu menunjukkan kekuatan komando Turki, kami percaya bahwa Anda akan menunjukkannya sekali lagi di pegunungan hari ini, dan membuat sejarah seperti yang Anda lakukan sebelumnya,” kata Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar kepada komandan pasukan.

Sebelumnya pada Senin (15/6), Turki juga mengumumkan dimulainya Operasi Cakar Elang di Irak utara.

Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa jet tempur Turki telah menghancurkan gua-gua tempat para teroris berlindung.

Operasi itu dilakukan terhadap pangkalan-pangkalan teroris di Sinjar, Qandil, Karacak, Zap, Avasin-Basyan dan Hakurk.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa- telah bertanggung jawab atas kematian hampir 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button