Tiga Tentara India Tewas Setelah Bentrok Sengit dengan China di Perbatasan Kashmir

Abadikini.com, NEW DELHI – Tiga tentara India, termasuk seorang perwira, tewas dalam bentrokan sengit dengan pasukan China di sepanjang perbatasan, yang dikenal sebagai Garis Kontrol Aktual, di daerah Ladakh di Jammu Kashmir, India, Senin (15/6/2020) malam waktu setempat. Demikian pernyataan resmi militer India seperti dikutip New Delhi Television Limited (NDTV), Selasa (16/6/2020).

“Selama proses de-eskalasi sedang berlangsung di Lembah Galwan, sebuah pertempuran sengit terjadi kemarin malam ditandai dengan jatuhnya korban seorang perwira dan dua tentara. Pejabat militer senior kedua negara saat ini bertemu di tempat itu untuk meredakan situasi,” tulis pernyataan itu.

Namun, Kementerian Luar Negeri China mengatakan pihak India telah “melanggar konsensus secara serius.”

“Pasukan India secara serius melanggar konsensus kedua belah pihak dengan melintasi perbatasan secara ilegal dua kali dan melakukan serangan provokatif terhadap tentara China, yang mengakibatkan bentrokan fisik yang serius,” lapor harian Global Times yang mengutip pernyataan kementerian.

Seperti diketahui, tentara India dan China telah terlibat perseteruan di kawasan perbatasan antara kedua negara selama berminggu-minggu. Selain di Ladakh, militer kedua negara juga tampak bersitegang di Pangong Tso, Lembah Galwan, Demchok, dan Daulat Beg Oldie di timur Ladakh.

Sebelumnya, insiden terjadi di Danau Pongong. Militer dari kedua negara terluka akibat saling serang. Namun, pertikaian mereda setelah dilakukan perundingan.

Menurut laporan NDTV, komandan militer India dan China telah belakukan pembicaraan tingkat komandan brigade dan batalyon di daerah Lembah Galwan. Belum diketahui hasil pembicaraan dari kedua kubu tersebut.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close