Trending Topik

Presiden Jokowi Diserang Portal Berita Hoaks Telah Memakai Dana Haji Sebesar Rp38,5 Triliun

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diserang dengan berita hoaks bahwa telah memakai dana haji sebesar Rp38,5 Triliun.

Seperti diketahui, artikel yang memberitakan Presiden Jokowi memakai dana haji tersebut berasal dari laman milik Eramuslim.com, dengan judul “Jokowi Ternyata Sudah Pakai Rp38,5 Triliun Dana Haji, Jamaah Tak Diberitahu”. Hal itu akhirnya menjadi viral saat di posting oleh pengguna Facebook, Kamis (11/6/2020).

Pemberitaan yang tayang pada 27 April 2019 tersebut mengatakan Presiden Jokowi telah memakai dana haji untuk keperluan pembangunan jalur kereta api, rehabilitasi kantor urusan agama, revitalisasi asrama haji, serta pembangunan kampus Pendidikan Tinggi Islam Negeri.

Dan parahnya lagi, ditambah Presiden Jokowi mengucurkan dana sebesar

Rp7,4 triliun untuk Kementerian PUPR, yang digunakan sebagai dana pembangunan jalan, jembatan layang, pengendalian banjir, serta pengelolaan bendungan.

Yang menjadi pertanyaan, Benarkah Presiden Jokowi telah memakai dana haji Rp38,5 triliun??

Berdasarkan penjelasan, seperti dikutip Abadikini.com dari Antara, Jumat (12/6/2020) adalah:

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dalam situs resminya menyatakan dana jemaah haji dikelola dalam bentuk rupiah dan valuta asing bekerja sama dengan Bank Indonesia. Hasil pengelolaan valuta asing itu dipergunakan untuk penyelenggaraan ibadah haji.

Dana tersebut tersimpan di rekening BPKH. Jika tidak dipergunakan untuk penyelenggaraan ibadah haji, dana itu akan dikonversi ke dalam mata uang rupiah dan dikelola oleh badan tersebut.

Dana konversi rupiah itu tetap akan tersedia di rekening BPKH dan dipergunakan untuk menunjang penyelenggaraan ibadah haji.

Kepala BP-BPKH Anggito Abimanyu menyatakan seluruh dana kelolaan jemaah haji senilai lebih dari Rp135 triliun per Mei 2020 dalam bentuk rupiah dan valuta asing itu dikelola secara profesional pada instrumen syariah yang aman dan likuid.

Dengan demikian, unggahan dan artikel yang menyatakan kepala negara menggunakan dana haji di luar kegiatan ibadah di Tanah Suci merupakan hoaks atau informasi yang direkayasa.

Wah, hati-hati ya guys kita jangan termakan berita hoaks tanpa sumber yang jelas dan fakta yang sesungguhnya. Stop berita hoaks.

Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close