Pelaku Usaha di Labuan Bajo Sambut Baik Pemprov NTT Buka Pariwisata di Era New Normal 15 Juni

Abadikini.com, KUPANG – Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur Wayan Darmawa menegaskan pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) siap menyambut era baru yaitu New Normal mulai 15 Juni 2020 mendatang.

“Kami siap kembali membuka pariwisata di era New Normal mulai 15 Juni nanti. Semuanya sudah kami siapkan,” kata Wayan dalam webinarASITA bertajuk “New Normal dan Kesiapan Provinsi Nusa Tenggara Timur Menyambut Wisatawan”, Rabu (10/6/2020) lalu.

Wayan mengklaim masyarakat NTT baik desa maupun kota sudah paham protokol kesehatan Covid-19 sesuai Gugus Tugas. Wayan kemudian menjelaskan seluruh destinasi wisata di NTT baik yang dikelola pusat maupun provinsi, juga sudah menerapkan protokol kesehatan new normal.

“Seperti Taman Nasional Komodo yang dikelola pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), juga sudah menerapkan protokol kesehatan dan siap dibuka 15 Juni 2020 nanti,” ujarnya.

Komodo Istimewa/Abadikini.com

Pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Kapal Pariwisata Labuan Bajo menyambut atas pengumumam pemerintah Provinsi terkait dibukanya kembali seluruh sektor pariwisata di NTT khususnya objek wisata Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

“Kami sangat apresiasi atas informasi yang sangat clear disampaikan oleh Kadis Pariwisata Provinsi NTT. Tentu sebagai masyarakat dan pelaku pariwisata sangat apresiasi atas terbuka kembalinya objek pariwisata yang ada di NTT secara keseluruhanya dan Taman nasional komodo khususnya,” kata sekretaris Asosiasi Kapal Pariwisata Labuan Bajo Ali Sehidun.

Ali yang juga sebagai Sekretaris Asosiasi Tour Travel Agent cabang Labuan Bajo-Manggarai Raya ini harapkan kepada pelaku usaha pariwisata NTT khususnya Labuan Bajo untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan di tempat usahanya masing-masing.

“Tentu setiap orang harus dan wajib mematuhi protokoler kesehatan. Dan kewajiban teman2 Pramuwisata untuk menjadikan budaya cuci tangan sebagai welcome greeting kepada setiap tamu yang datang karna itu adalah SOP dalam menerapapkan condisi new normal ini,” ujarnya.

Ketua DPC PBB Manggarai Barat (Mabar), Ali Sehidun

Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Manggarai Barat ini juga menyarankan kepada pemerintah provisni dan kabupaten/kota di NTT agar gencar melakukan kegiatan pariwisata untuk menarik seimpati wisatwan dalam dan mancanegara.

Menurut Ali, jika gegiatan dan sosialisasi destinasi pariwisata digencaekan secara terus menerus insya Allah rencana pemerintah provinsi targetkan 20 juta wisatawan mancanegara kunjungi NTT tahun ini bisa tercapai.

“Tentu harapan kami agar Pemerintah NTT harus gencar melakukan kegiatan2 pariwisata atau event2 yang menarik simpatik wisatawan untuk kembali datang ke NTT, sehingga target kunjungan 20 jt wisatawan mancanegara dapat tercapai,” tegas sekretaris Asosiasi Tour Travel Agent cabang Labuan Bajo-Manggarai Raya ini.

“Semoga dengan dibuka kembalinya objek wisata yang ada di NTT ini dapat membangkitkan kembali perekonomian lokal, khususnya sektor pariwisata. Salam NewNorma,” pungkas pengusaha muda Manggarai Barat ini.

Sebelumnya diberitakan Abadikini.com, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat umumkan memasuki tatanan hidup baru atau new normal pada tanggal 15 juni 2020 dan akan membuka kembali seluruh sektor pariwisata di NTT.

Komodo Istimewa/Abadikini.com

Menurut dia sektor pariwisata adalah penggerak utama pembangunan NTT.  Tentunya kata dia tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 new normal tourism.

“Saya umumkan bahwa adalah penting bagi kita untuk kembali beraktifitas demi menjalani kehidupan yang produktif untuk itu pada sektor pariwisata yang adalah penggerak utama pembangunan di Nusa Tenggara Timur akan di buka kembali pada tanggal 15 Juni 2020 dengan pola new normal tourism yang mana protokol kesehatan sebagai landasan kita,” kata Viktor melalui video konference berdurasi 2 menit 40 detik yang diterima Abadikini.com, Rabu (10/6/2020) malam.

Dia juga mengajak masyarakat NTT untuk kembali beraktifitas yang produktif untuk memajukan NTT lebih khusu di bidang pariwisata

“Mari kita isi kenormalan baru pariwisata ini dengan layanan pariwisata yang berkualitas,” ucap Viktor.

Mau Ke Pulau Komodo? Hubungi Komodo Travel and Transportation Flores, Indonesia | +62 85253115303 | contact@komodotraveller.com atau klik ke komodotraveller.com

Baca Juga

Back to top button