Cerita Mayflower: Kapal Kiamat Dari Inggris Pada Masa Perang

Abadikini.com – Secara historis, sebelum kereta, pesawat atau mobil, berlayar adalah cara pilihan untuk melakukan perjalanan jarak jauh, dan itu adalah satu-satunya metode untuk mengangkut barang dan pasokan di seluruh dunia kuno. Pada masa perang, kapal-kapal yang diangkut laut adalah senjata paling strategis di semua strategi militer.

Di antara jutaan kapal yang dibangun, sejarah maritim mengidentifikasi satu kapal Inggris yang memicu perang yang mengakibatkan kematian 50 hingga 100 juta orang. Ini bukan kapal perang yang mengangkut tentara, tuduhan torpedo atau kedalaman, tetapi peziarah Kristen. Ini adalah kisah Mayflower, dan perjalanan yang akan mengubah bentuk Amerika Utara.

Pada 1620 M, Mayflower mengangkut Separatis dan Puritan (peziarah) Inggris ke Dunia Baru, yang kemudian mendirikan koloni Inggris pertama di Amerika. Menurut buku terlaris New York Times karya Nathaniel Philbrick, Mayflower: A Story of Courage, Community and War, para peziarah berasal dari Inggris dan Leiden, di Belanda, dan ia menjelaskan keadaan yang menyebabkan kelompok Separatis, yang diam-diam meninggalkan tanah kelahiran mereka untuk sebuah tanah di.dimana mereka dapat menyembah Tuhan dengan cara mereka sendiri, bebas dari dogma gereja dan pemerintah Inggris.

Mengutip laman Ancient Origins, cerita dimulai ketika orang Inggris Robert Childe, Thomas Short, Christopher Jones dan Christopher Nichols mengiklankan “Sebuah Kapal yang Tersedia untuk Piagam: Mayflower, dengan berat 180 ton, memiliki tiga tiang dan tiga geladak, panjang 100 kaki dengan balok 24 kaki dan sebuah balok 12 kaki draft. Mayflower telah berhasil mengangkut kayu, ikan dan tar, anggur, cognac dan cuka. Mayflower terbiasa dengan kerasnya Laut Utara dan Atlantik.”

Pada akhir 1620-an iklan itu menarik bagi kelompok separatis agama yang mempekerjakan Mayflower pada pertengahan September dengan Kapten Jones. Perjalanan berlangsung selama 66 hari dan para peziarah tinggal di dalamnya. Secara eksklusif mereka tinggal di dek senjata dengan hanya lima kaki (1,5 meter), sementara dua penumpang meninggal dan seorang bayi wanita bernama Oceanus lahir di laut.

Mayflower kemudian mendarat di Plymouth Rock di pantai Massachusetts pada Desember 1620 M, di mana William Bradford mendirikan Plymouth Colony, tetapi para peziarah tidak pernah menyebut tempat apa pun yang disebut Plymouth Rock dalam tulisan mereka.

Tiba di Amerika
Dalam laman Wikipedia, mereka menghabiskan beberapa hari untuk mencoba berlayar ke selatan, ke tujuan yang direncanakan dari Koloni Virginia. Namun, lautan musim dingin yang kuat memaksa mereka untuk kembali ke pelabuhan di kait Cape Cod, jauh di utara daerah yang dituju, tempat mereka berlabuh pada 11 November.

Pada hari Senin, 27 November, sebuah ekspedisi penjelajahan diluncurkan di bawah arahan Kapten Christopher Jones untuk mencari lokasi pemukiman yang cocok. Sebagai penguasa Mayflower, Jones tidak diharuskan untuk membantu dalam pencarian, tetapi dia tampaknya memikirkan kepentingan terbaiknya untuk membantu ekspedisi pencarian.

Mereka jelas tidak siap menghadapi cuaca musim dingin yang pahit yang mereka temui pada pengintai mereka, penumpang Mayflower tidak terbiasa dengan cuaca musim dingin yang jauh lebih dingin daripada pulang ke rumah. Mereka dipaksa untuk bermalam di darat karena cuaca buruk yang mereka temui, terbalut dalam suhu di bawah titik beku dengan sepatu basah dan stocking yang menjadi beku. Bradford menulis, “Beberapa orang kami yang sudah mati mengambil yang asli dari kematian mereka di sini” pada ekspedisi itu.

Para pemukim menjelajahi daerah yang tertutup salju dan menemukan desa asli yang kosong, sekarang dikenal sebagai Bukit Jagung di Truro. Para pemukim yang penasaran menggali beberapa gundukan buatan, beberapa di antaranya menyimpan jagung, sementara yang lain adalah situs pemakaman. Penulis modern Nathaniel Philbrick mengklaim bahwa pemukim mencuri jagung dan menjarah dan menodai kuburan, memicu gesekan dengan penduduk setempat.

Philbrick selanjutnya mengatakan bahwa mereka menjelajahi daerah Cape Cod selama beberapa minggu ketika mereka pindah ke pantai yang sekarang bernama Eastham, dan ia mengklaim bahwa para peziarah menjarah dan mencuri toko-toko asli ketika mereka pergi. Ia kemudian menulis tentang bagaimana mereka memutuskan untuk pindah ke Plymouth setelah pertemuan yang sulit dengan Nausets di First Encounter Beach pada bulan Desember 1620.

Sempat Ingin Kembali ke Inggris
Jones pada awalnya berencana untuk kembali ke Inggris segera setelah Pilgrim menemukan tempat pemukiman. Tetapi anggota krunya mulai dirusak oleh penyakit yang sama yang menimpa para peziarah, seperti kudis, radang paru-paru, dan TBC.

Jones kemudian menyadari bahwa dia harus tetap di Pelabuhan Plymouth “sampai dia melihat orang-orangnya mulai pulih.” Mayflower berbaring di pelabuhan New Plymouth melalui musim dingin 1620–21, kemudian berlayar ke Inggris pada tanggal 5 April 1621, pegangan kosongnya dipenuhi batu-batu dari pantai Pelabuhan Plymouth. Seperti halnya para peziarah, para pelautnya telah dihancurkan oleh penyakit. Jones kehilangan kapten kapal, penembak, tiga quartermaster, juru masak, dan lebih dari selusin pelaut.

Untungnya, Mayflower melakukan perjalanan dengan sangat baik ke Inggris. Angin barat yang mendorongnya keluar mendorongnya pulang, dan dia tiba di pelabuhan rumah Rotherhithe di London pada 6 Mei 1621.

Sumber Berita
Male.co.id

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker