Tim Relawan KKN Unesa Bersama TGC Banjarsari Bantu Tanggulangi Covid-19 di Bojonegoro

Abadikini.com, BOJONEGORO – Siapa yang tidak merasakan dampak dari pandemi wabah saat ini? Semua merasakan dampaknya, entah dari segi finansial, kesehatan, kebutuhan hidup, maupun yang lainnya.

Di saat seperti ini, tim relawan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Chapter 2 dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA), tepatnya dari salah satu kota kecil di Jawa Timur, yakni kota Bojonegoro melakukan kegiatan sosial di salah satu desa di kabupaten Bojonegoro.

Salah satu desa yang menjadi rujukan tim KKN Unesa dari Bojonegoro kali ini desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk. Kegiatan sosial yang dilakukan di sana yakni, pemberian 50 masker.

Dan membantu memeriksa kesehatan warga di sana yang sedang melakukan isolasi diri, dengan sebelumnya mendapatkan briefing dari perangkat desa serta TGC Banjarsari.

Tim TGC sendiri disana bertugas untuk menanggulangi adanya covid-19. Tim yang dibentuk itu disebut TGC yaitu singkatan dari Tim Gerak Cepat, dimana di tim tersebut tidak hanya beranggotakan perangkat desa.

Namun ada juga yang dari perangkat kesehatan, yaitu bidan. Jadi TGC Banjarsari merupakan tim yang ditugaskan untuk melayani warga disana yang terdampak Covid-19.

“Dengan kita membantu memberikan masker yang tidak seberapa banyak ini, bisa kita jadikan alat bantu warga yang masih kekurangan masker serta membantu warga tetap menjaga kesehatan dari wabah ini,” ujar salah satu dari anggota KKN, Kamis (4/6/2020).

Dengan adanya pembagian masker serta membantu TGC dari desa Banjarsari, mengingatkan kita akan arti kesehatan dan tetap menjaga diri dari virus covid-19 ini.

Mengingat, virus ini tidak bisa dianggap remeh bahkan sebelah mata. Bukan hanya nyawa kita saja yang mungkin terancam, namun orang-orang di sekeliling kita juga akan merasakan dampaknya.

Kegiatan pertama yang dilakukan oleh tim KKN di desa tersebut yakni penyambutan dari perangkat desa Banjarsari yang lalu diteruskan dengan jamuan dari perangkat desa.

Setelah diadakan jamuan tersebut, tim KKN Unesa melakukan pemasangan banner di salah satu tempat yang diharapkan warga mampu menerapkan imbauan yang ada.

Setelah melakukan pemasangan banner, kegiatan selanjutnya yakni penyerahan 50 masker kepada yang berkewajiban menerima tersebut.

Setelah hal tersebut, dilakukan sesi terakhir yakni briefing dari salah satu ibu-ibu petugas di desa tersebut bagaimana cara kita menghimbau dan mengantisipasi saat mengecek suhu tubuh warga di desa tersebut selama isolasi.

Tetap menjaga jarak dengan mengambil minimal 2 jarak dari orang tersebut, hingga bagaimana cara yang benar untuk membersihkan tangan kita setelah melakukan kegiatan dalam hal apapun, entah setelah memegang benda maupun hal lainnya. Karena di saat seperti ini, menjaga kebersihan adalah hal yang paling utama.

Sementara itu, Kepala Pusat KKN Unesa, Muhammad Sholeh mengataka bahwa, semua pihak berkontribusi sesuai dengan kapasitasnya. Dalam ikut membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 ini, membantu masyarakat yang terdampak adalah kepedulian pada bangsa dan negara.

“Adapun kegiatan mahasiswa KKN Relawan Covid-19 yakni yang pertama mahasiswa melakukan donor darah karena PMI saat ini kekurangan stok darah, diharapkan mahasiswa bisa membantu karena ini adalah kemuliaan atas jiwa sosial,” terangnya.

Kedua, membuat media edukasi pencegahan Covid-19 untuk diupload di Youtube, lalu dinilai oleh DPL. Ketiga, membantu Unesa Crisis Center (UCC); membantu di sekretariat UCC dan membuat laporan berupa cerita pengalaman selama menjadi relawan beserta bukti foto.

Keempat, berkomunikasi dengan Satgas Covid-19 setempat; membantu tugas Covid-19 menggunakan almamater Unesa ketika bertugas; minimal 3 hari atau kondisional beserta bukti foto dan lampiran selama kegiatan.

“Kelima, melakukan analisis kebutuhan dan pendataan masyarakat terdampak Covid-19. Di mana hasil pendataan mahasiswa diberikan kepada Satgas relawan Covid-19 untuk disampaikan kepada pihak-pihak terkait seperti desa, camat atau satgas Covid-19 setempat,” lanjut Kapus KKN Unesa ini.

Maka, sebagai generasi muda dan memiliki jiwa yang lebih sehat, diharapkan bantuan ini mampu memberikan manfaat bagi semua orang.

Beberapa tim KKN Unesa di kabupaten Bojonegoro yang melakukan kegiatan sosial ini tersebar dibeberapa kecamatan seperti Padangan, Baureno, Kalitidu, Tambakrejo, Bojonegoro, Balen, Purwosari, Kasiman, Sugihwaras, dan beberapa kecamatan lainnya.

“Kegiatan yang dilakukan tim KKN Unesa gelombang dua ini sebagian besar seperti penyemprotan desa, membantu Satgas membagi sembako dari Bansos, dan membantu mengecek suhu warga dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman tim KKN gelombang dua di Bojonegoro,” tutup Sholeh.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close