Umat Islam di Palestina Sambut Gembira Dibukanya Kembali Masjid Al-Aqsa

Abadikini.com, YERUSALEM – Ratusan umat Muslim meneriakkan “Allah Akbar” ketika mereka masuk ke halaman Masjid Al-Aqsa yang berada di Kota Tua Yerusalem pada hari Ahad (31/5/2020) pagi untuk menjalankan Shalat Subuh. Beberapa berlutut dan mencium tanah ketika mereka masuk.

Sebelumnya, situs paling suci ketiga bagi umat Islam ini telah ditutup selama dua setengah bulan akibat pandemi Covid-19.

Bagi umat Islam di Palestina, tahun ini merupakan periode suram bagi mereka dimana selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri tanpa adanya kegiatan ibadah dan kegamaan di Masjid Al-Aqsa dan Masjid Kubah Batu.

Melansir dari Reuters pada Ahad pagi (31/5/2020), Dewan Wakaf Islam mengatakan, pengangkatan pembatasan dan pembukaan kembali masjid tersebut dilakukan setelah terus berkurangnya infeksi lokal Covid-19 di Yerusalem.

Namun, Dewan Wakaf Islam memberlakukan beberapa langkah untuk mengurangi risiko penularan, karena kasus baru Covid-19 di Israel meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Dewan tidak mengatakan apakah akan ada batasan jumlah orang yang diizinkan masuk di kompleks seluas 35 hektar, yang dikenal oleh umat Islam sebagai Haram al-Sharif dan bagi orang Yahudi sebagai Temple Mount.

“Para jemaah yang datang harus mengenakan masker wajah dan membawa sajadah pribadi jika mereka ingin beribadah di dalam masjid atau di halaman luar kompleks,” kata Dewan Wakaf Islam dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker