PLT Gubernur Nova Iriansyah Ungkap Enam Cara Keberhasilan Aceh Tekan Penyebaran Kasus Covid-19

Abadikini.com, JAKARTAProvinsi Aceh adalah salah satu daerah yang tidak mengalami penambahan kasus positif virus corona (Covid-19) pada hari ini, Jumat (29/5).

Pasalnya daerah di bagian barat Indonesia yang dengan julukan Serambi Makkah itu hanya memiliki 20 kasus positif Covid-19 sepanjang Maret hingga kini itu tercatat 17 pasien covid-19 di antaranya sembuh dan hanya 1 pasien saja yang meninggal dunia.

Mau tau bagaimana caranya Provinsi Aceh yang berhasil dalam melakukan penanganan Covid-19.

Dikutip dari Youtube BNPB, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengungkap enam cara mereka menekan penyebaran Covid-19.

Pertama, kata dia, pemerintah Aceh bergerak cepat menyiapkan sarana dan prasarana Covid-19. Diselaskanya, mulai dari pembukaan posko sebagai pusat informasi, menyiapkan rumah sakit, ruang isolasi, dan kebutuhan lainnya untuk penanganan Covid-19 sebelum ada yang terindikasi positif.

Kemudian Kedua terang dia, masyarakat reaktif dan over protektif terhadap kesehatan mereka. Awalnya terang Nova Iriansyah, masyarakat Aceh memang kurang yakin adanya Covid-19 di Aceh.

“Namun, sesudah adanya satu orang positif Covid-19, kemudian masyarakat Aceh lebih antisipatif, lebih waspada dan lebih disiplin dalam mencegah Covid-19,” kata Nova Iriansyah, Jumat (29/5).

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah

Lanjut Nova Iriansyah, Ketiga, pemerintah Aceh memberlakukan jam malam selama lima malam sebelum daerah lain menerapkan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB.

“Kemudian Keempat, pemerintah Aceh cenderung over reaktif dan maksimal dalam menghadapi kemungkinan outbreak Covid-19 yang didukung Forkopimda, ulama dan tokoh masyarakat,” tegasnya.

Kelima, kata dia, pemerintah Aceh membangun sistem kesiapsiagaan petugas hingga ke tingkat desa yang dikoordinir oleh dinas kesehatan kabupaten kota sehingga orang yang dicurigai terindikasi terpapar Covid-19 tidak ada yang lolos sampai terbukti negatif.

“Terakhir dukungan masyarakat kepada tim medis dan para medis yang sangat luar biasa,” sambungnya.

Nova Iriansyah menambahkan, masyarakat Aceh sangat menghargai kerja keras tim medis hingga para ahli.

Dikatakannya, berbagai bantuan disalurkan kepada tim medis dan keluarganya sebagai bentuk dukungan dan semangat dalam menangani Covid-19.

“Tim medis mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat terutama aparatur pemerintah baik di provinsi maupun di kabupaten kota,” pungkasnya

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close