Dokter Syarif Alwi Sebut saat New Normal Protokol Kesehatan Harus Diterapkan Betul pada Dunia Olahraga

Abadikini.com, JAKARTA – Dokter Timnas Indonesia Syarif Alwi menilai dalam menghadapi wacana new normal, diperlukan aturan dan regulasi yang ketat agar kegiatan dunia olahraga khususnya sepak bola, bisa tetap aman.

Menurutnya, kunci dari pencegahan penyebaran wabah Corona ialah pada diri setiap pelaku olahraga dan juga stakeholder olahraga. Sehingga kata dia, dengan begitu, harapan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 bisa terpenuhi.

“Maaf cakap ya, jangan ada yang tersinggung. Yang perlu dilakukan oleh semua pelaku olahraga saat kegiatan olahraga ini jalan lagi ya soal disiplin diri. Harus disiplin dan menerapkan aturan dengan keras, protokol kesehatan diterapkan betul,” kata Syarif, Kamis (28/5/2020).

Syarif menjabarkan, pertama, pastikan semua peserta dan perangkat pertandingan sudah melakukan rapid test Covid-19 dan hasilnya negatif. Menurut dia, paling tidak minimal gunakan alat deteksi rapid test paling tidak, kalau swab test agak mahal soalnya.

“Handicap pembiayaan satu orang paling murah Rp950 ribu, kalau rapid test Rp300 ribu. Datang harus pakai masker,” ujarnya.

Lanjut Syarif, protokol kesehatan juga harus diterapkan secara ketat di lapangan dan stadion. sementara untuk alat pertandingan dan latihan pun harus dipantau penggunaannya sesuai protokol kesehatan, harus disemprot dengan disinfektan terlebih dahulu.

“Kebersihan ruang ganti, air cuci tangan, sabun, hand sanitizer, tempat sampah harus disiapkan untuk menunjang. Alat latihan harus disemprot disinfektan,” pungkas dia.

Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close