Mahfud MD Tegaskan New Normal Baru Wacana, Belum ada Keputusan Pemerintah

Abadikini.com, JAKARTAMenko Polhukam Mahfud MD menegaskan terkait dengan kebijakan New Normal di tengah pandemi virus corona (Covid-19) itu baru sebatas wacana belum  ada keputusan resmi dari pemerintah pusat.

Hal itu, dikatakan Mahfud MD dalam sambutannya di acara Halal bi Halal IKA UNS yang disiarkan di Youtube Universitas Negeri Sebelas Maret pada, Selasa (26/5/2020).

“Sekarang ini pemerintah, saya katakan sebagai Menko Polhukam, ada wacana, belum keputusan wacana bagaimana tentang new normal ini,” kata Mahfud menegaskan.

Mahfud MD menjelaskan, sekarang ini pemerintah memiliki tiga jenis permodelan matematis terkait penyebaran corona dalam sidang kabinet beberapa waktu lalu bersama Presiden Jokowi. Dikatakanya, ketiga jenis permodelan itu sudah diajukan oleh masing-masing Kementerian dianataranya, Kementerian Keuangan, Bappenas hingga Kantor Staf Presiden.

“Dan ketemu semua. Oh ini ada penurunan kalau ada pembatasan gerakan. Semua bisa diitung, Jakarta kan sekarang 0.9. tapi di sisi lain ada yang tinggi sekali seperti di Gorontalo dan di Jatim,” jelas Mahfud.

Untuk itu, menurut Mahfud, saat ini pemerintah tengah berpikir agar bagaimana masyarakat kita dapat tetap hidup normal dengan fakta virus corona masih berada di tengah-tengah masyarakat.

Meski demikian, Mahfud tak menampik bila wacana New Normal itu kini diperdebatkan oleh banyak pihak. baginya, hal itu wajar bila wacana tersebut masih menjadi perdebatan di tengah-tengah masyarakat.

Bahkan kata Mahfud mencontohkan, sesama dokter anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) saja masih berbeda pendapat terkait wacana New Normal itu.

“Bagaimana yang terbaik? Mari kita diskusikan. Belum ada keputusan apapun soal itu, semua masih wacana dan kontroversi masih ada. Tapi kita harus hadapi itu,” tegas Mahfud.

Diketahui sebelumnya, Menteri Ksehatan Terawan Agus Putranto telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close