Angkatan Laut Venezuela Siap Gempur Kapal Perang AS yang Coba Hentikan Pasokan Bahan Bakar dari Kapal Tanker Iran

Abadikini.com, CARACAS – Amerika Serikat (AS) mengancam akan menghentikan lima kapal tanker Iran yang mengangkut pasokan 1,5 juta barel bahan bakar ke Venezuela.

Baca Juga

Menteri Pertahanan Venezuela Vladimir Padrino Lopez bereaksi usai mengetahui AS telah mengirimkan empat kapal perang ke Perairan Karibia untuk menghentikan pasokan bahan bakar yang diangkut oleh kapal tanker Iran.

“Ketika mereka memasuki zona ekonomi eksklusif kami, mereka akan dikawal oleh kapal dan pesawat Angkatan Bersenjata Nasional Bolivarian untuk menyambut mereka dan berterima kasih kepada rakyat Iran atas solidaritas dan kerja sama mereka,” kata Padrino Lopez pada Rabu (20/5/2020).

Di lain pihak, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi mengecam sekaligus menuduh AS membuat ancaman pembajakan. Dia menegaskan bahwa Iran akan memberikan respons tegas jika AS menghalangi pelayaran bebas dan legal dari lima kapal tanker tersebut.

Pasokan itu sangat dibutuhkan Venezuela setelah industri minyaknya lumpuh akibat krisis ekonomi dan politik dan diperparah dengan sanksi sepihak yang dijatuhkan AS.

Baca Juga

Back to top button