Imam Shalat Tarawih Positif Covid-19, 28 Orang Jamaah jadi ODP

Abadikini.com, JAKARTA – Seorang imam musholla berusia 82 tahun di Tambora, Jakarta Barat dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Imam berinisial O tersebut juga diketahui sebagai Ketua RW dan juga tokoh masyarakat setempat.

Akibatnya ada 28 orang yang berstatus menjadi orang dalam pemantauan (ODP) karena menjadi jamaah shalat tarawih di musholla Baitul Muslimin yang sempat diimami oleh yang bersangkutan.

“Iya (28 jemaah berstatus ODP),” ujar Camat Tambora Bambang Sutama dikutip dari detikcom, Rabu (13/5/2020).

Mulanya, anak dari O mengalami gejala demam. Setelah dilakukan tes swab, putra dari O ini dinyatakan positif Corona dan diisolasi di rumah sakit.

Saat pihak rumah sakit melakukan tes swab kedua, hasilnya negatif. Anak dari O ini diperbolehkan pulang pada Kamis (7/5/2020). Sebagai antisipasi penyebaran virus, petugas puskesmas melakukan tes swab kepada O dan istrinya.

“Dari pihak puskesmas akan mengambil tindakan (tes swab) dicoba orang tuanya kan usianya sudah tua berusia 80-an dan 70-an. Pada saat anaknya positif kan pasti kontak langsung, kemudian dilakukan swab dan akhirnya positif,” kata Bambang.

O dan istrinya ternyata dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 pada Jumat (8/5/2020). Keesokan harinya (9/5/2020), petugas puskesmas dan kelurahan Jembatan Besi melakukan penjemputan untuk mengevakuasi O dan istrinya ke rumah sakit. Namun, O menolak.

“Karena dirinya (merasa) sehat (tidak bergejala) dan akhirnya dia bilang, ‘Saya ini gejala tifus,’ jadi dia itu nggak yakin apa yang disampaikan oleh dokter,” kata Bambang.”

Bambang menuturkan O masih memimpin salat Tarawih pada Kamis (7/5/2020) hingga Sabtu (9/5/2020). Ia menyebut sejumlah jemaah tidak mengenakan masker saat salat.

Pada saat dinyatakan positif kan itu, saat hari Jumat dan Sabtu aktivitas di musala, Kamis-nya juga sama dia salat Tarawih di situ, kadang imamin,” tutur Bambang.

“Infonya ada yang pakai masker, ada yang tidak, ya tetap jaga jarak sih cuma kan nggak bisa menjamin karena kan musalanya kan kecil,” lanjutnya.

Tak jarang ia memimpin salat fardu dan salat Tarawih di Musholla Baitul Muslimin, bergantian dengan imam lainnya.

“Imam aslinya mah sebenarnya ada juga, cuma bergantian saja sama Pak RW (O) ini, kadang-kadang salat Tarawih-nya (dipimpin) imam aslinya, terus (salat) witir-nya gantian, mungkin salat Isya-nya dia (O), terus Tarawih-nya ganti (imam),” terangnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker