Arab Saudi Akan Berlakukan Lockdown Nasional saat Idul Fitri

Abadikini.com, RIYADH – Kementerian Dalam Negeri, pemerintahan Arab Saudi mengambil keputusan untuk berlakukan lockdown secara menyeluruh pada 23-27 Mei yang bertepatan dengan hari perayaan IdulFitri 1441 Hijriah. Putusan itu diambil guna untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Pasalnya jumlah paparan virus (COVID-19) alami lonjak. Arab Saudi saat ini menjadi salah satu negara dengan kasus COVID-19 tertinggi di wilayah Teluk.

Keputusan tersebut disampaikan pada Selasa (12/5), seperti dikutip dari pernyataan kementerian yang dirilis kantor berita Arab Saudi.

Penguncian wilayah di Arab Saudi sebenar sudah dilakukan di banyak titik lokasi, namun, pada bulan lalu pemerintah melonggarkan pembatasan waktu pada pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Bahkan, mal dan toko pun sudah kembali dibuka, kecuali di lokasi-lokasi tertentu termasuk Mekah yang merupakan daerah dengan kasus tinggi meskipun telah dilakukan penguncian wilayah secara ketat.

Kementerian Kesehatan menyatakan jumlah kematian Covid-19 meningkat menjadi 264 dari total kasus 42.925, sementara 15.257 orang telah pulih.

Arab Saudi juga sebelumnya diketahi telah menghentikan kegiatan umrah karena khawatir akan adanya penyebaran penyakit di kota suci Mekah itu.

Pihak berwenang belum mengumumkan kegiatan haji tahun ini, yang dijadwalkan berlangsung akhir Juli. Kendati demikian umat Islam di dunia diharap menunda sementara persiapan perjalanan haji.

Tahun lalu setidaknya ada 2,5 juta umat Muslim mengunjungi Arab untuk menjalankan Rukun Islam kelima.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker