Wapres Ma’ruf Amin Dukung Penuh Riset Penanganan COVID-19

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah tengah mengupayakan riset dan inovasi terkait penanganan COVID-19 melalui Kementerian Riset dan Teknologi (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Dia menegaskan riset ini bagian dari upaya yang harus di dukung penuh.

“Riset dan inovasi itu berkaitan dengan pengembangan alat tes PCR, alat tes diagnostik non-PCR, ventilator, serta unit laboratorium bergerak dengan Bio Safety Level 2. Dari pengembangan tersebut ditargetkan untuk melalui proses produksi massal,” kata Ma’ruf Amin seperti dikutip Abadikini.com di akun twitternya, Selasa (12/5).

Menurut Ma’ruf Amin, riset dan inovasi itu dibahas dalam rapat terbatas tentang percepatan penanganan COVID-19, hari ini, melalui telekonferensi. Dikatakannya, salah satu fokus penting hari ini adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan kecepatan dan kapasitas pengujian sampel COVID-19.

Ma’ruf Amin menambahkan, pemerintah juga telah menyiapkan skema kepulangan pekerja migran Indonesia, diantisipasi, disiapkan, dan ditangani proses kedatangannya di pintu-pintu masuk yg telah ditetapkan dan melakukan pantauan kepulangan hingga ke daerah masing-masing, agar sesuai dengan protokol kesehatan.

“Pemerintah telah menyiapkan pintu masuk bagi para pekerja migran melalui beberapa jalur yaitu Bandara Internasional Soekarno Hatta, Ngurang Rai, Pelabuhan Benoa, Tanjung Priok, serta melalui Batam dan Tanjung Balai bagi pekerja migran dari Malaysia,” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker