Cegah Penularan Covid-19, DPRD Parigi Moutong Desak Bupati Tutup Perbatasan

Abadikini.com, PARIMO – Anggota Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 dari Fraksi Bintang Indonesia (Gabungan PBB dan Perindo), Wawan Setiawan dengan tegas mendesak Bupati Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), untuk menutup total dua akses pintu masuk di Perbatasan.

“Dua perbatasan tersebut berada di Wilayah Kecamatan Mepanga perbatasan Mensung dan Kabupaten Toli-toli, serta Tambu Kabupaten Donggala dan Kasimbar,” Politisi Partai Bulan Bintang, Wawan Setiawan, Selasa (12/05/2020).

Wawan mengatakan langkah penutupan dua perbatasan itu merupakan salah satu upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Parimo. Sebab, menurutnya dua Kabupaten yang bertetangga yakni Kabupaten Toli-toli dan Buol masing-masing telah memiliki pasien yang positif.

Bukan hanya itu, Wawan menyampaikan, diwilayah selatan Parimo berbatasan dengan Kabupaten Poso, juga harus ditingkatkan pengawasannya.

“Kita dikepung, untuk itu segera pemkab mengambil langkah yang lebih serius, kemudian petugas yang diperbatasan lebih ditingkatkan lagi pengawasan,” ucap wawan yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PBB Parigi Moutong

Ia menambahkan, pembentukan pansus Covid-19 tidak lain ada fungsi kontrol DPRD dalam menghadapi bencana Nonalam seperti saat ini.

“Realokasi APBD telah dilakukan sebanyak Rp 26 Miliar dari Rp 1,6 triliun untuk penanganan Covid-19, apabila anggaran ini masih mengalami kekurangan kami kembali menambah dana tersebut. Dengan adanya anggaran itu, pemkab harus benar-benar melawan dan memutuskan mata rantai Covid-19, langkah penutupan dua jalur sangat tepat,” ungkapnya.

 

Baca Juga

Back to top button