Pegiat Asean Studies: BBM Indonesia Cepat turun Donk!

Abadikini.com, JAKARTA – Sudah memasuki bulan ke (2) pandemik Covid – 19, sejak 1 Maret 2020 meledak di Indonesia dari seluruh kawasan di Asia Tenggara sampai saat ini pemerintah Indonesia belum menurunkan harga BBM.

Publik Indonesia ramai yang bertanya-tanya kapan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) turun di Tanah Air.

“Seharusnya pemerintah Indonesia memiliki inisiatif lebih awal menurunkan minyak BBM dari negara lain di ASEAN, Karena kita memiliki produksi minyak terbesar di kawasan” ujar Ichsan, Pegiat Asean Studies, Universitas Indonesia.

Ia menambahkan pemerintah seperti gagap dalam menyikapi penurunan harga. ” BBM Indonesia cepat turun donk…!!! rakyat tidak perlu pemerintahan yang gagap dalam mengambil sikap terkait BBM namun rakyat butuh ketegasan pemimpin “. Jelas Ichsan.

“Jangankan untuk kebijakan PSBB Covid -19 dan Kejelasan Sasaran Kartu Prakerja, ini untuk minyak bbm saja pemerintah masih error, tidak kasian sama masyarakat apa? ” jelasnya.

Diketahui negara-negara tersebut menempuh kebijakan menurunkan harga jual BBM karena harga minyak mentah di pasar global juga terjun bebas.

Delapan dari 10 negara anggota ASEAN sudah beberapa kali menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam dua bulan terakhir.

Kebijakan tersebut menyusul penurunan harga minyak mentah di pasar global.

Mengutip data globalpetrolprices.com, kedelapan negara itu adalah Malaysia, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Filipina, Thailand, Laos dan Singapura.

Sedangkan Indonesia belum juga memangkas harga BBM sejak Februari. (*)

Baca Juga

Back to top button