Jeruk Makan Jeruk, 19 Awak Kapal Angkatan Laut Iran Tewas Terkena Rudal Kawan Sendiri

Abadikini.com, JAKARTA – Insiden menggelikan dan nahas tengah menimpa salah satu kapal milik angkatan laut Iran. Sebelumnya dikabar ada satu orang korban jiwa namun yang terbaru diketahui 19 orang tewas dari insiden tersebut.

Insiden friendly fire ini berawal ketika Kapal perang Jamaran milik Angkatan Laut Iran tak sengaja menembakkan rudal ke kapal perang rekannya sendiri, kapal Konarak, dalam latihan tempur di Teluk Oman.

Kapal perang Konarak yang terkena tembakan rudal anti-kapal C-802 Noor tenggelam. Stasiun televisi pemerintah setempat merinci sedikit dugaan penyebab insiden salah tembak tersebut.

“Kapal Konarak dihantam oleh rudal kemarin sore selama latihan militer di perairan Bandar-e Jask di lepas pantai selatan Iran,” bunyi siaran stasiun televisi pemerintah Iran yang dikutip AFP.

“Kapal itu terhantam setelah memindahkan target latihan pada tujuannya dan tidak membuat jarak yang cukup antara dirinya dan target,” lanjut siaran televisi tersebut.

Kendati demikian, penyebab pasti dari insiden salah tembak itu sedang diselidiki otoritas terakait Iran.

Ini bukan pertama kalinya Iran keliru menarik pelatuknya terlalu dini yang berakibat fatal. Ketika eskalasi dengan Amerika Serikat (AS) memanas Januari lalu, militer Teheran juga secara tidak sengaja menembak jatuh sebuah pesawat sipil Ukraina yang menewaskan 176 orang di dalamnya.

Layanan pers militer Iran pada Senin (11/5/2020) mengonfirmasi korban tewas bertambah jadi 19 orang dan 15 lainnya terluka.

“Pada hari Minggu sore, selama latihan yang melibatkan sejumlah kapal Angkatan Laut di perairan Jask dan Chabahar, ada insiden pada kapal pendukung Konarak,” bunyi pernyataan militer Iran, seperti dikutip Sputniknews. “Jumlah martir insiden ini adalah 19 (tentara); 15 (lainnya) juga telah terluka.”

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close