Pemerintah Sebut Laju Kasus Baru COVID-19 Alami Penurunan 11 Persen

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan telah mulai ada laju penurunan dalam kasus baru corona sebesar 11 persen di Indonesia.

“Laju kasus baru mengalami penurunan sampai 11 persen,” kata Doni melaui siaran persnya, Senin (4/5/2020).

Dani meminta kepada masyarakat agar dengan adanya laju penurunan ini tak membuat lengah. Karena menurut Doni, ada beberapa klaster yang berpotensi terjadi meningkat kembali kasus positif COVID-19.

“Tetapi hal ini bukan berarti kita menjadi lengah,” ujarnya.

Doni menjelaskan, ada beberapa klaster yang bisa jadi pemicu kasus baru.

“Seperti klaster jamaah tabligh, klaster Gowa, dan beberapa klaster industri, dan klaster pemudik yang lolos pemeriksaan,” jelasnya.

Saat ini kata Doni, pemerintah telah menerapkan pembatasan sosial berskala besar untuk sejumlah daerah. Misalnya di DKI Jakarta, Sumatera Barat dan Gorontalo di mana PSBB diterapkan untuk satu provinsi.

“Ada pula PSBB yang diterapkan di tingkat kabupaten/kota seperti di wilayah Tangerang Raya, Bogor, Depok, Bekasi, wilayah Bandung Raya dan Surabaya Raya,” imbuhnya.

Doni mengajak seluruh gugus tugas di provinsi untuk melakukan upaya pencegahan, deteksi, dan penanganan terhadap masyarakat yang telah terlanjur sakit.

Baca Juga

Back to top button