Pasien Obgin Terindikasi Positif COVID-19, Kadinkes: Warga Bantaeng Jangan Panik

Abadikini.com, BANTAENG – Tim Gugus tugas penanganan wabah virus corona (COVID-19) mendeteksi seorang pasien obgin di Rumah Sakit Prof Dr Anwar Makkatutu, Bantaeng, Ahad, 3 Mei 2020. Meski demikian, warga diminta untuk tetap tenang.

Juru bicara penanganan Tim Gugus Penanganan Covid-19, Kabupaten Bantaeng, Andi Ihsan mengatakan, pasien asal Jeneponto dengan inisial H, 36 tahun ini menjalani proses obgin di RSUD Bantaeng atas indikasi medis tertentu.

“Sebelum menjalani operasi SC pasien tersebut telah dilakukan pemeriksaan Rapid Test COVID-19 dan hasilnya reaktif sehingga pelaksanaan operasi berlangsung dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) Standar Pencegahan COVID-19,” kata Ihsan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan itu, saat ini pasien telah di isolasi di Ruang Perawatan Isolasi dan telah dilkukan pengambilan sampel Swab untuk dilakukan pemeriksaan PCR untuk memastikan Jenis Virus yang Menginfeksi adalah MERS Cov-2 ataukah varian virus corona yang lain. Oleh kerena itu, Dia meminta kepada warga Bantaeng untuk tetap tenang terkait dengan beredarnya informasi tersebut di media sosial.

“Sebagaimana diketahui tingkat kepekaan Rapid Test ini hanya 70 persen, sehingga masih berpeluang terjadinya hasil positif palsu sehingga butuh pemeriksaan PCR,” ujarnya.

Ihsan menambahkan, saat ini terdapat 20 tenaga kesehatan yang melakukan karantina mandiri sambil menunggu hasil pemeriksaan terhadap sampel swab pasien tersebut.

“Harapan kami, masyarakat Jangan Panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan physical distancing, selalu memakai masker, mengurangi aktivitas di luar rumah, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan teratur mencuci tangan pakai sabun,” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker