Malaysia Mulai Longgarkan Lockdown Pekan Depan, Sekolah Masih Akan Diliburkan

Abadikini.com, JAKARTA – Negeri jiran Malaysia akan mulai longgarkan lockdown pada Senin (4/5/2020). Hal-hal yang selama lockdown ditutup dan dibatasi akan dibuka kembali.

Menurut Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin tidak semua sektor ekonomi akan dibuka kembali. Namun akan ada pertimbangan untuk sektor tertentu.

Lanjut dia, keramaian atau pertemuan yang melibatkan banyak orang masih akan diawasi ketat, sekolah-sekolah tetap diliburkan dan juga larangan perjalanan antar negara.

Muhyiddin mengakui efek lockdown selama 40 hari cukup terasa khususnya terhadap ekonomi dan pendapatan negara.

“Pajak tidak dapat dikumpulkan, industri tidak dapat tumbuh, pertumbuhan ekonomi terhambat dan apa yang ingin kami hindari adalah bisnis-bisnis terpaksa ditutup dan pekerja kehilangan pekerjaan,” kata Muhyiddin, dikutip dari SCMP.com, Jumat (1/5/20)

Dengan dilonggarkannya penerapan lockdown di Malaysia, kata dia, sektor hiburan seperti bioskop, karaoke dan sebagainya masih belum diizinkan kembali beroperasi.

“Kita harus menemukan cara untuk menyeimbangkan antara menyembuhkan ekonomi negara dan mengatasi Covid-19,” kata Muhyiddin.

Ia menambahkan bahwa standar kesehatan yang ketat akan diterapkan, seperti jarak sosial untuk orang yang makan di restoran. Sebagaimana diketahui, semula lockdown Malaysia dijadwalkan berlangsung hingga 12 Mei.

Senada dengan Indonesia yang melarang mudik lebaran, Malaysia juga akan melarag warganya untuk dapat melakukan perjalanan ke kota asal mereka untuk perayaan Idul Fitri pada akhir Mei.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker