Sampoerna Tutup Pabrik Surabaya Pasca 2 Karyawan Terpapar Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA – Pasca dua karyawan PT HM Sampoerna Tbk di pabrik Rungkut, Surabaya, Jawa Timur terpapar virus corona (Covid-19) dan meninggal dunia. namun ditengarai kedua karyawan itu sudah menularkan virus ke sejumlah karyawan yang lain.

PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik Rungkut 2 sejak 27 April 2020 sampai waktu yang belum ditentukan.

Direktur PT HM Sampoerna Tbk, Elvira Lianita mengatakan, sesuai arahan dan koordinasi dengan Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kami juga telah menerapkan protokol yang dianjurkan pemerintah.

“Antara lain penyemprotan disinfektan di seluruh fasilitas pabrik, melakukan contact tracing, meminta karyawan untuk karantina mandiri, melakukan test Covid-19, dan bekerja sama dengan rumah sakit setempat,” kata Lianita dalam keterangan resminya, Kamis (30/4/2020).

Lianita menjelaskan, langkah ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di kawasan pabrik Rungkut, Surabaya, Jawa Timur.

“Sampoerna mengharuskan karyawannya yang rentan terpapar untuk bekerja dari rumah seperti karyawan yang sedang hamil, hingga karyawan yang berusia di atas 50 tahun.

Pihaknya akan memberikan cuti namun tetap mendapatkan gaji bagi pegawai yang positif Covid-19, karyawan yang perlu melakukan karantina mandiri dan karyawan yang harus merawat keluarganya yang terpapar Covid-19,” jelasnya.

Dikatakannya, Sampoerna juga akan melakukan karantina produk selama lima hari atau dua hari lebih lama dari batas atas stabilitas lingkungan Covid-19 sebelum produk tersebut didistribusikan.

Menurtnya berdasarkan, European CDC dan juga WHO mengatakan bahwa Covid-19 dapat bertahan selama 72 jam pada permukaan plastik dan stainless steel, kurang dari 4 jam pada tembaga dan kurang dari 24 jam pada kardus.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker