PBB DKI Jakarta Usulkan Bangunan di Pulau Reklamasi Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA – Kabar gembira dilansir Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo yang menyatakan jumlah kasus positif corona di DKI Jakarta mengalami penurunan signifikan. Hal ini disampaikannya saat konferensi pers usai mengikuti rapat terbatas di Istana Presiden, Senin (27/4/2020) kemarin.

Terkait perkembangan tersebut Ketua DPW PBB DKI, Ical Syamsudin mendesak Pemprov DKI mencabut usulan menggunakan gedung sekolah sebagai tempat isolasi pasien terdampak Covid-19.

Diketahui, usulan tersebut telah tertuang dalam Surat Instruksi Nomor 4434/-1.772.1 yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI, Nahdiana, pada Senin (20/4/2020) lalu.

“Kalau pun saat ini, gedung sekolah dalam keadaan kosong tanpa kegiatan, setidaknya tidak dapat dibenarkan untuk dimanfaatkan sementara dalam penanganan isolasi covid tersebut,” kata Ical dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/4/2020).

Untuk itu dirinya meminta Pemprov DKI Jakarta, dalam hal ini Gubernur Anies Baswedan segera membatalkan dan mencabut surat edaran Sekreraris Daerah (Sekda) tersebut.

Dikatakannya, sangat beresiko jika usulan tersebut tetap dilaksanakan. Terlebih mengingat belakangan ini banyak penolakan dari masyarakat terhadap segala hal yang berstigma istilah virus atau Covid-19.

“Fenomena Ini sangat sensitif di tengah-tengah masyarakat yang menaruh kekhawatiran dan keresahan terhadap virus, mengutip istilah (phobiaCovid),” ujar dia.

Ical pun mengusulkan pemanfaatan ratusan unit pemukiman elite di kawasan pulau reklamasi atau rumah susun yang semua itu terverifikasi kosong tak berpenghuni, sebagai tempat isolasi terdampak Covid-19.

“Mengapa Pemprov DKI tidak memanfaatkan ratusan unit pemukiman elite di kawasan pulau reklamasi yang belakangan ini pernah Gubernur Anies Baswedan segel,” tutur Ical.

“Sekali lagi kami meminta sebaiknya, Pemprov DKI Jakarta mengalihfungsikan gedung lain dari pada memakai gedung sekolah kalau tetap pihaknya memaksakan rencana tersebut,” sambungnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker