Digosipkan Meninggal Dunia, Para Kuli Bangunan Malah Terima Surat dari Kim Jong Un

Abadikini.com, SEOUL – Rumor tentang keberadaan dan kesehatan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un terus berputar. Namun, hal itu tampaknya tidak mengganggu diktator muda Korut itu. Pasalnya, media pemerintah Korut melaporkan, Kim Jong-un telah mengirim surat berisi puijian kepada para pekerja konstruksi.

Dunia saat ini masih diliputi tanda tanya tentang kondisi terkini pemimpin Korut tersebut, terlebih setelah munculnya rumor yang menyatakan ia meninggal. Di tengah drama tersebut, media resmi Korut Rodong Sinmun melaporkan bahwa Kim Jong-un telah mengirim salam kepada pekerja konstruksi yang tengah bekerja membangun kota Samjiyon. Itu adalah salah satu proyek pembangunan paling ambisius yang sedang berlangsung di negara tertutup tersebut.

Rondong Sinmun melaporkan Kim Jong-un mengirim ucapan terima kasih kepada para pekerja yang terlibat dalam pembangunan kembali apa yang disebut sebagai desa sosialis yang ideal, seperti disitir dari Russia Today, Ahad (26/4/2020).

Kota itu, yang dilaporkan menjadi tempat kelahiran almarhum ayah Kim Jong-un dan mantan penguasa Korut Kim Jong-il, mengalami perombakan yang hampir lengkap. Wilayah itu diubah menjadi kota percontohan dengan stasiun kereta api baru, infrastruktur listrik dan telekomunikasi serta ratusan bangunan baru lainnya.

Terletak di kaki Gunung Paektu – yang dianggap sebagai ‘gunung suci’ – kota itu telah dikunjungi Kim Jong-un dalam beberapa tahun terakhir. Pada awal Desember, pemimpin Korea Utara secara resmi meresmikan kota yang telah direnovasi itu dalam sebuah upacara mewah.

Meski begitu, kemunculan laporan ini dan juga komunikasinya dengan para pemimpin asing tidak mampu meredam desas-desus bahwa ia telah meninggal. China, Korea Selatan (Korsel) dan bahkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, juga telah mementahkan rumor tersebut.

Diwartakan sebelumnya, situs pemantau aktivitas Korut yang berbasis di Washington, North38, melaporkan keberadaan kereta yang kemungkinan milik Kim Jong-un tampak terparkiri di sebuah resor pantai di mana pemimpin Korut itu dilaporkan memulihkan diri setelah “prosedur kardiovaskular”.

Laporan North38 itu merujuk pada citra satelit, menunjukkan bahwa kereta telah berada di stasiun kereta api di Wonsan setidaknya sejak 21 April. Meskipun begitu hal ini tidak memberikan banyak petunjuk tentang kondisi Kim Jong-un.

“Ini tidak membuktikan atau menyangkal apa pun tentang kesehatannya. Namun untuk konteks, Kim biasanya lebih suka terbang ke Wonsan. Kereta api adalah cara yang jauh lebih formal/khidmat untuk bepergian,” kata Will Ripley dari CNN.

Spekulasi seputar kesehatan Kim juga dibantu oleh sikap tutup mulut Pyongyang tentang masalah ini, yang belum membantah laporan tersebut.

 

Sumber Berita
Sindonews
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close