Sekjen PBB Peringatkan Israel Jangan Manfaatkan Covid-19 untuk Aneksasi Wilayah Palestina

Abadikini.com, NEW YORK – Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres memperingatkan Israel untuk tidak menggunakan pandemi Covid-19 untuk memuluskan langkah mereka mencaplok wilayah Tepi Barat, Palestina. Guterres mengatakan, langkah itu hanya akan memperburuk situasi yang ada.

Guterres menanggapi surat yang ditulis oleh Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmad Aboul Gheit yang memperingatkan Israel mungkin akan mengeksploitasi pandemi itu untuk mencaplok bagian-bagian wilayah Palestina.

“Tindakan sepihak Israel seperti itu akan membahayakan negosiasi antara kedua kelompok, serta membunuh upaya lain dari perjanjian damai,” kata Guterres dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Arab News pada Ahad (26/4/2020).

Seperti diketahui, awal bulan ini Gheit memperingatkan bahwa ketika perhatian global dialihkan ke tempat lain di tengah pandemi Covid-19, Israel memperluas pemukiman di Tepi Barat dan Yerusalem yang diduduki.

“Israel mengeksploitasi keterikatan dunia dengan pandemi Covid-19 untuk memperluas permukiman mereka dan memaksakan realitas baru di lapangan, terutama di Yerusalem timur dan daerah sekitarnya,” ucapnya.

Pada akhir Maret, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Benny Gantz, pemimpin partai Biru dan Putih, sepakat untuk mendeklarasikan kedaulatan Israel di Lembah Jordan dan perluasan permukiman Israel di Tepi Barat pada bulan Juni mendatang, sebagai bagian dari perjanjian mereka untuk membentuk pemerintah Israel.

Sumber Berita
Sindonews

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker