Italia akan Mulai Buka Lockdown pada 4 Mei Nanti

Abadikini.com, JAKARTA –  Italia akan kembali mengizinkan perusahaan dan beberapa sektor kembali beraktivitas 4 Mei nanti. Ini adalah bagian dari pembukaan penguncian wilayah (lockdown) secara bertahap.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengaku persiapan akhir tengah dilakukan. Italia melakukan lockdown sejak awal Maret lalu karena pademi corona (COVID-19).

“Kami menghadapi tantangan yang sangat kompleks,” ujarnya saat menguraikan kebijakan ini, Ahad (26/4/2020) waktu setempat, sebagaimana dikutip Reuters via CNBC.

“Kami (tetap) akan hidup dengan virus dan kami harus mengadopsi langkah-langkah pencegahan yang mungkin.”

Pedagang kecil akan boleh beroperasi dua minggu setelahnya atau sekitar 18 Mei. Restoran dan bar diharapkan bisa mulai berbisnis pada awal Juni meskipun pembeli masih dilarang makan di tempat.

Italia menjadi negara yang terdampak COVID-19 terparah di Eropa. Per Senin (27/4/2020), ada 2.324 kasus baru atau total 197.675 pasien positif.

Kasus kematian bertambah 260 orang atau menjadi 26.644. Sedangkan pasien sembuh 64.928.

Saat ini, Italia ada di posisi ketiga negara dengan kasus terbanyak di dunia, di bawah AS dan Spanyol. COVID-19 telah menginfeksi 210 negara dan teritori dengan kasus global mencapai 2,9 juta orang.

Baca Juga

Back to top button