Bansos untuk Warga DKI Tahap I Rampung 5 Mei

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Sosial Juliari Batubara menyatakan distribusi bantuan sosial (bansos) sembako tahap pertama bagi warga terdampak virus corona di Jakarta bakal rampung pada 4-5 Mei mendatang.

Juliari mengungkapkan distribusi bansos sembako bagi 1,2 juta warga Jakarta sudah berjalan sejak pekan lalu. Sedangkan untuk Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi akan mulai didistribusikan 1 Mei mendatang.

“Bansos sembako di Jabodetabek sudah berjalan sejak seminggu lalu dan kami rencanakan untuk 1,2 juta keluarga di Jakarta. Paling lambat 5 Mei tahap pertama selesai dan lanjutkan ke tahap kedua,” papar Juliari dalam jumpa pers melalui akun YouTube Sekretariat Kabinet, Senin (27/4).

Sedangkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo bagi warga di luar wilayah Jabodetabek akan disalurkan melalui kantor pos dan armada-armada motor pos.

Dia menilai cara tersebut akan memudahkan nama-nama penerima bantuan yang tidak memiliki rekening di bank himbara. Ia menekankan bahwa akan lebih berhati-hati dalam mendata dan menyalurkan BLT bagi warga.

“Pelaksanaan bansos tunai sudah berjalan walaupun masih banyak daerah yang belum karena menyangkut data kami harus hati-hati. Apabila kami nanti mengirimkan uang salah, tentu jadi permasalahan di lapangan yang tidak kami inginkan maupun pemda juga tidak inginkan,” katanya.

Sebagai informasi, pemerintah akan memberikan Rp600 ribu per bulan BLT pada jutaan keluarga miskin yang terdampak wabah virus corona.

“Jadi penerima BLT adalah di luar (penerima) PKH dan bansos BPNT atau Kartu Sembako,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Sri Mulyani merinci bantuan diberikan setidaknya diberikan kepada 2,5 juta warga atau 1,2 juta keluarga di DKI Jakarta. Bantuan akan diberikan selama tiga bulan berupa paket sembako senilai Rp600 ribu per bulan.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan paket sembako kepada 1,6 juta warga atau 576 ribu kepala keluarga di wilayah Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Bodetabek).

Di luar Jabodetabek, pemerintah akan mengucurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk tiga bulan ke depan. Tetapi, jutaan data penerimanya masih disisir oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca Juga

Back to top button