Arab Saudi Longgarkan Lockdown kecuali Kota Mekkah

Abadikini.com, JAKARTA – Arab Saudi mengurangi pemberlakuan jam malam, yang sebelumnya diterapkan untuk memerangi virus corona, kecuali di Kota Mekkah yang masih dianggap zona merah.

Mengutip AFP, Minggu (26/4/2020) jam malam akan dilonggarkan antara pukul 9 pagi sampai jam 5 sore. Sementara itu, mal dan ritel lainnya diizinkan beroperasi sampai 13 Mei 2020.

Namun, penerapan lockdown 24 jam atau sepanjang hari masih diterapkan di Mekkah. Di mana jumlah orang yang terinfeksi merupakan yang tertinggi di wilayah tersebut.

Pemerintah Arab Saudi yang melaporkan jumlah tertinggi akan penyebaran virus, berusaha keras untuk membatasi penyebaran penyakit ini.

Pada Sabtu (25/4/2020) Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengatakan kematian akibat penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini meningkat menjadi 136 orang. Sementara itu ada 16.299 orang yang positif terpapar dan 2.215 orang telah dinyatakan sembuh.

Bulan lalu, pemerintah Arab Saudi mengeluarkan perintah untuk menghentikan ibadah umroh, karena kekhawatiran akan pandemi ini yang bisa menyebar di kota suci tersebut.

Hingga kini, pihak berwenang belum mengumumkan apakah ibadah haji tahun ini tetap digelar pada akhir Juli 2020 nanti. Namun mereka telah memperingatkan umat islam untuk menunda sementara persiapan ibadah tahunan tersebut.

Tahun lalu, tercatat ada 2,5 juta umat Islam yang melakukan ibadah haji ke Arab saudi. Diantara negara-negara arab lainnya, Arab Saudi memegang peranan sebagai negara dengan ekonomi terbesar, juga telah menutup bioskop, mal dan restoran sebagai upaya penyebaran virus.

Raja Salman juga telah memperingatkan bahwa virus ini akan sulit dihadapi. Karena selain virus, Arab Saudi juga menghadapi penurunan harga minyak dunia.

Sumber Berita
CNBC

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker