Wikipedia pun Menyesuaikan Definisi Mudik Menurut Petunjuk Bapak Presiden

Abadikini.com, JAKARTA – Definisi Mudik di laman Wikipedia langsung berubah setelah wawancara eksklusif Presiden Jokowi dengan Najwa Shihab di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 21 April 2020.

Sebelum program tersebut tayang, Wikipedia mendefenisikan mudik sama artinya dengan pulang kampung. Namun kemudian diubah maknanya menjadi kegiatan yang dilakukan di hari raya Idul Fitri.

Hal itu berdasarkan daftar riwayat suntingan yang bisa dilacak di laman wikipedia,
https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Mudik&oldid=16857269.

Warganet kemudian menyimpan tangkapan layar suntingan tersebut,

“…HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA…!! SAMPAI SEGITUNYA!
Definisi mudik di wiki diubah usai acara semalam.
Wiki diubah agar sesuai dengan kebodohan pinokio.
Tinggal nunggu versi KBBI+Kemdikbud dilobi nih.
Tapi ada jejak suntingan versi 9-22 April.
Lalu sekarang. (“,)”

Kekinian, defenisi mudik di laman wikipedia sudah dikembalikan ke versi sebelumnya. Terakhir kali disunting oleh user William Surya Permana 23 April 2020 pukul 03.58. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Mudik&oldid=16858648

“Mudik atau pulang kampung[1] adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk pulang ke kampung halamannya.[2] Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran.”

Ketika mewawancarai Jokowi, Najwa Shihab menanyakan terkait ratusan ribu warga yang sudah meninggalkan ibu kota sebelum larangan mudik diberlakukan. Presiden Jokowi lalu menegaskan bahwa mudik tidak sama dengan pulang kampung.

“Kalau itu bukan mudik, itu pulang kampung. Yang bekerja di Jabodetabek, di sini, tidak ada pekerjaan, mereka pulang,” jawab Jokowi.

Sumber Berita
Geloranews

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker