Fraksi PDIP Usulkan Kebijakan Pro Penanganan Dampak Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA – Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan, Sonny T. Danaparamita meminta BUMN Energi untuk lebih mengedepankan kebijakan pro penanganan dampak Covid-19. Usulan tersebut disampaikan dalam rapat virtual antara Komisi VI DPR RI dengan Direktur Utama PLN, PGN dan Pertamina.

Diantaranya, terkait alokasi anggaran Rp 3,5 triliun bagi PLN. Wakil rakyat putra daerah Banyuwangi, ini meminta agar pemanfaatan benar-benar tepat sasaran. Usulan pro wong cilik ditengah bencana nasional Covid-19, juga dilontarkan Sonny kepada Direktur Utama Pertamina dan PGN.

“Bantuan harus tepat sasaran dan merata. Termasuk bagi para pedagang sayur keliling dan nelayan, terkait dengan kebutuhan BBM nya, maupun masyarakat yang lain,” tegasnya. Kamis, (16/4/2020).

Dalam rapat tersebut, wakil rakyat dari Dapil III Jawa Timur juga mempertanyakan tentang skema penurunan harga BBM. Langkah tersebut dinilai cukup konstruktif ditengah kesulitan yang dirasakan masyarakat atas dampak wabah Covid-19. Kebijakan tersebut dianggap tidak membahayakan keuangan negara. Karena harga minyak dunia memang sedang turun.

Disisi lain, Jubir Fraksi PDI Perjuangan DPR RI mengaku, sangat mengapresiasi berbagai langkah dan upaya yang selama ini dilakukan BUMN Energi dalam memerangi dampak Covid-19.

Tapi demi optimalisasi, penerapan manajemen kebencanaan dinilai perlu dijadikan landasan. Untuk itu berbagai skenario juga harus dipersiapkan. Termasuk langkah pemetaan dan pendataan masyarakar terdampak.

“Prinsip menghadapi Covid-19 adalah kesadaran, kebersamaan dan solidaritas,” lugas Sonny.

Kesadaran bahwa virus Corona (Covid-19) adalah bencana. Karena itu butuh kebersamaan dalam menghadapinya. Dan disaat ini, kesehatan seseorang memiliki ketergantungan dengan kesehatan orang lainnya, sehingga perlu ada solidaritas.

“Seluruh Anggota DPR RI baik melalui partai dan atau masing-masing telah menggunakan gajinya untuk melawan wabah ini, maka sudah selayaknya Direksi, Komisaris dan pimpinan perusahaan BUMN melakukan hal yang sama,” tutup Sonny.

Baca Juga

Back to top button