Menteri Desa Sebut Ada 40 Ribu Desa Bentuk Relawan Lawan Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mencatat lebih dari 40 ribu desa membentuk relawan desa lawan Covid-19.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa para relawan telah berperan aktif dalam pemantauan Covid-19.

“Sebanyak 42 persen desa di Indonesia telah melakukan aktivitas pemantauan pemudik,” ujar Abdul Halim melalui konferensi pers daring pada Ahad, (19/4/2020).

Abdul Halim juga menyampaikan bahwa sudah ada 8.954 desa yang sudah menyiapkan ruang isolasi, dengan kapasitas lebih dari 35.000 tempat tidur.

Ruang isolasi itu berada di balai desa, ruang pertemuan desa maupun Gedung yang ada di desa, seperti PADU, sekolah maupun rumah penduduk yang dikosongkan.

“Ruang-ruang yang dipersiapkan pun telah dilengkapi fasilitas kamar mandi, air, listrik dan logistik,” kata Abdul.

Selain itu, desa telah memiliki panduan pencegahan sehingga membantu pelaksanaan di lapangan. Sejumlah aktivitas tercantum dalam panduan tersebut, seperti memberikan edukasi Covid-19 kepada masyarakat, hingga penyiapan dan penanganan logistik terkait isolasi maupun logistik untuk kepentingan lainnya.

Sumber Berita
Tempo

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker