Ini Tiga Negara ASEAN Zero Korban Jiwa dari Corona,

Abadikini.com, JAKARTA – Jumlah kasus positif corona di Indonesia sampai saat ini telah mencapai 6.248 kasus dan menewaskan 535 orang. Namun tahukah anda  bahwa negara tetangga yang masih satu kawasan Asia Tenggara seperti Vietnam, Laos, dan Kamboja belum memiliki kasus kematian akibat COVID-19.

Sebagaimana dilaporkan Worldometers pada 19 April pukul 04:10 GMT Vietnam memiliki 268 kasus corona yang di mana 201 orang sembuh dan tidak ada korban jiwa. Sementara di Laos hanya ada 19 kasus, 2 orang sembuh, dan tidak ada kematian. Sedangkan di Kamboja ada 122 kasus dan 103 di antaranya sembuh.

Berikut cara lain yang dilakukan negara itu untuk menekan angka kasus dan kematian:

Vietnam

Tindakan cepat

Pada 1 Februari, Vietnam memulai serangkaian inisiatif untuk mengatasi penyebaran virus COVID-19, yaitu dengan menangguhkan semua penerbangan ke dan dari China. Mereka juga memutuskan untuk menutup sekolah-sekolah setelah liburan tahun baru Imlek. Selanjutnya, semua kendaraan darat seperti bus, mobil sewaan, taksi akan ditangguhkan, kecuali kendaraan layanan pengiriman makanan.

Karantina 21 hari

Dua minggu setelah ditetapkannya pemberhentian penerbangan dari dan ke China, karantina 21 hari diberlakukan di provinsi Vinh Phuc, utara Hanoi. Keputusan itu dipicu kekhawatiran terhadap status kesehatan pekerja migran yang kembali dari Wuhan, China, tempat virus corona pertama kali mewabah.

Physical Distancing

Penerapan kebijakan itu pun diberlakukan hingga akhir April. Jarak fisik yang mereka lakukan bukan dengan memberhentikan aktivitas perdagangan atau layanan penting, melainkan membatasi masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tak ada keperluan mendesak.

Pemerintah di Vietnam juga memberikan ultimatum agar semua masyarakat menggunakan masker di tempat umum seperti supermarket, stasiun, bandara dan semua alat transportasi umum.

Protokol kesehatan

Perwakilan WHO di Vietnam Dr Kidong Park menghubungkan keberhasilan Vietnam mencegah penyebaran virus corona dengan langkah proaktif dan konsistensi pemerintah. Petugas kesehatan Vietnam membuat protokol untuk menilai infeksi dan tingkat keparahan:

– Dokter diharuskan mengobati gejalanya, seperti demam

– Pasien menjalani diet ketat dan bergizi

– Memonitor tingkat saturasi oksigen dalam darah pasien

Vietnam juga telah menunjuk 30 pusat screening nasional untuk pengujian diagnosa COVID-19, serta ada 45 tim yang akan merespon dengan cepat untuk membantu fasilitas kesehatan dalam menangani sejumlah pasien.

Laos dan Kamboja

Sementara itu, Laos sudah melakukan penguncian pada perbatasan wilayah sejak kasus corona booming di China. Negara itu juga menutup sekolah dan meminta rumah sakit untuk siaga penuh.

Dikutip dari The Strait Times, dengan bantuan WHO dan mitra, kementerian kesehatan Laos mengembangkan sistem pendeteksi yang kuat guna menanggapi ancaman kesehatan. “Ini (termasuk) memiliki laboratorium yang baik dan jaringan epidemiologis wabah terlatih yang tersebar di seluruh negeri,” kata Dr Reiko Tsuyuoka, pejabat WHO untuk kasus darurat.

Kamboja sendiri memerintahkan penutupan semua perbatasan dan provinsi. Bahkan lockdown secara nasional akan dilakukan 16 April nanti.

Mengutip The Nation Thailand, institu dalam negeri juga telah diterjunkan untuk mendiagnosa dan mengidentifikasi kasus corona di seluruh negeri. Alhasil 57,63% kasus dinyatakan sembuh.

Sumber Berita
CNBC

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker