Prancis Tegaskan Sejauh Ini Tak Ada Bukti Virus Corona Berasal dari Lab Wuhan

Abadikini.com, PARIS – Pemerintah Prancis menegaskan bahwa sejauh ini tak ada bukti kaitan antara wabah virus Corona (Covid-19) dengan aktivitas laboratorium riset P4 di kota Wuhan, China, tempat berawalnya virus mematikan itu.

“Kami ingin memperjelas bahwa sampai hari ini tidak ada bukti faktual yang menguatkan informasi yang baru-baru ini beredar di pers Amerika Serikat yang menyebutkan adanya kaitan antara asal-usul COVID-19 dan pekerjaan laboratorium P4 Wuhan, China,” kata seorang pejabat di kantor Presiden Emmanuel Macron, seperti dilansir kantor berita AFP via detikcom, Sabtu (18/4/2020).

Saat ini, konsensus ilmiah secara luas menyatakan bahwa SARS-CoV-2, nama resmi untuk virus Corona, berasal dari kelelawar.

Pada tahun 2004, pemerintah Prancis menandatangani kesepakatan dengan China untuk mendirikan sebuah laboratorium penelitian penyakit-penyakit infeksi dengan level keselamatan biologi 4, level tertinggi di Wuhan. Informasi ini berdasarkan dekrit Prancis yang diteken oleh menteri luar negeri Prancis saat itu, Michel Barnier.

Keberadaan lab tersebut ramai dibahas setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu (15/4) lalu, mengatakan bahwa pemerintahnya tengah menyelidiki apakah virus Corona berasal dari lab di Wuhan tersebut.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bahkan menegaskan bahwa pemerintah China harus terbuka mengenai apa yang mereka tahu tentang virus berbahaya tersebut.

Sebelumnya pada Februari lalu, pihak Institut Virologi Wuhan yang didukung pemerintah China, membantah rumor bahwa virus Corona kemungkinan telah disintesis secara buatan di salah satu laboratoriumnya atau mungkin bocor dari laboratorium.

Baca Juga

Back to top button