Pelantang Apresiasi Langkah Bupati Ruksamin Ajak Guru Cegah Penyebaran Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA  –  Pimpinan Pusat Pemuda Bulan Bintang (Pelantang) dukung penuh langkah Bupati Ruksamin Cegah Covid-19 di Konawe Utara dengan mengajak guru Jadi garda terdepan

Sekjen Pimpinan Pusat (PP) Pelantang, Diah Bardiah mengapresiasi langkah-langkah yang sudah diambil oleh Bupati Ruksamin dalam melakukan pencegahan Penyebaran Covid-19 di Konawe Utara (Konut).

Salah satu langkah yang dilakukan Bupati Konawe Utara tersebut adalah dengan mengajak para guru berperan aktif dan menjadi contoh dalam upaya pencegahan covid-19.

Ruksamin menyampaikan ajakan itu pada saat audiensi bersama puluhan guru dan Kepala Sekolah di Rumah Jabatan Bupati, Jumat (17/4/2020).

“Mari jadi garda terdepan mencegah penyebaran Covid-19. Kita harus jadi pemenang karena virus tidak masuk di Konut,” ujar Ruksamin

PP Pelantang mendukung ajakan Bupati Konawe Utara atas seruannya terhadap guru-guru untuk menjadi garda terdepan dalam penanganan pencegahan penyebaran covid-19 dengan menghimbau guru agar menjadi contoh langsung bagi para siswa dalam aktifitas sehari-hari, yaitu dengan selalu memakai masker, melakukan social distancing dan selalu menjaga kebersihan sesuai anjuran pemerintah dan tim medis. Karena menurut Ruksamin, pencegahan pandemi ini harus disertai awareness oleh seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

PP Pelantang menilai, langkah tersebut juga dapat dituru oleh para pimpinan daerah lainnya, karena peran guru memang sangat efektif, selain sebagai suriteladan siswa, juga biasanya himbauan guru lebih didengar oleh para siswanya khususnya bagi siswa tingkat TK sampai SMP.

Selain menjadi contoh atau teladan yang disampaikan oleh Ruksamin tersebut, Diah juga menyampaikan bahwa guru juga dapat memanfaatkan media social sebagai media untuk mengajak para siswa agar dapat berhati-hati dan melakukan aktifitasnya sesuai himbauan pemerintah khususnya bagi para guru yang berada di zona merah dan sudah diberlakukan PSBB di wilayahnya.

“Kami menilai inisiatif beliau dalam melakukan pencegahan covid-19 di Konawe Utara adalah langkah yang tepat, karena dengan melibatkan peran guru inshaa Allah awareness di masyarakat khususnya di tingkat para pelajar kita dapat dibangun dengan maksimal. Sebagaimana saya rasakan dulu ketika mengajar, peran seorang guru itu luar biasa, apa yang kita sampaikan biasanya menjadi fokus perhatian bagi mereka bahkan kadang jika dibandingkan orang tua yang berbicara mereka lebih percaya kita (guru). Selain menjadi contoh langsung bagi para siswa dalam menerapkan hidup sehat di wilayah zona hijau, guru juga dapat memberikan himbauan himbauannya melalui media social atau dapat melalui berupa tugas sekolah kepada para siswanya. Melakukan sosialisasi di medsos juga sudah saya lakukan hampir setiap hari karena tempat dimana saya tinggal merupakan zona merah yang sudah diberlakukan stay at home dari sejak tiga minggu lalu, tutur Diah Bardiah, sekjen Pelantang dalam rilisnya, Sabtu (18/04/2020).

Alumni FKIP Universitas Ibn khaldun Bogor tersebut menilai Bupati Konawe Utara Ruksamin yang juga Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sulawesi Tenggara ini sudah melakukan langkah-langkah yang selain cepat juga tepat dalam upayanya pencegahan penyebaran covid-19.

Diketaui, di Konawe Utara belum terdapat kasus positif covid-19 namun Bupati Ruksamin tetap waspada dengan melakukan langkah-langkah prefentif, yaitu selain dengan mengajak guru berperan aktif juga beliau bekerjasama dengan Kapolres dan Ketua DPRD Konut membagikan cairan biosel konasara (cairan pengganti disinfektan) kepada masyarakat.

Sekjen milenial ini pun selain mengajak seluruh guru untuk dapat berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19, juga mengajak para milenial di seluruh Indonesia untuk turut berkontribusi dalam menghadapi wabah dunia (covid-19) yang semakin hari semakin meningkat jumlah pasien yang terjangkit serta mortalitasnya di Indonesia.

“Semoga seluruh guru di Indonesia dapat segera mengambil peran aktif dan melakukan langkah nyata kepada para siswanya dengan menghimbau penggunaan masker, menjaga kebersihan, melakukan social distancing dll. Selain itu para milenial lainnya juga dapat turut melaukan sosialisasi cara-cara pencegahan covid-19 di media social dengan kemampuan kreatifitasnya dalam bentuk video, flayer dll. Mari kita bergandengan tangan, bergotong royong dan mengutamakan solidaritas dalam melawan wabah dunial ini, karena ini bukan sekedar demi nayawa dan keselamatan diri kita dan keluarga kita meliankan demi keselamatan dan nyawa seluruh bangsa kita Indonesia” tandasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker